kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ekonomi Membaik, Sederet Emiten Ini Diramal Bakal Tebar Dividen Lebih Besar


Sabtu, 15 Januari 2022 / 06:58 WIB
Ekonomi Membaik, Sederet Emiten Ini Diramal Bakal Tebar Dividen Lebih Besar


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Analis memperkirakan potensi kenaikan kinerja pendapatan dan laba bersih sejumlah emiten pada tahun 2021. Alhasil, pembayaran dividen tahun ini berpeluang lebih besar.

Kepala Riset Praus Capital Marolop Alfred Nainggolan menilai, ada potensi pembagian dividen yang lebih besar dibandingkan dividen tahun buku 2020. 

Namun, pemulihan ekonomi yang terjadi pasca krisis ekonomi oleh faktor pandemi Covid-19 akan mendorong emiten-emiten mulai ekspansif dengan mulai meningkatkan belanja modal mereka di tahun 2022.

"Kebijakan ini tentu akan meningkatkan kebutuhan pendanaan mereka, dan salah satu yang akan emiten lakukan adalah mengurang besaran dividen tahun buku 2021 untuk mendukung pendanaan ekspansi mereka," ujar Alfred kepada Kontan.co.id, Kamis (13/1).

Ia menambahkan, hal ini tentu ada pengecualian untuk emiten yang membukukan pertumbuhan laba signifikan di tahun 2021 dari emiten sektor komoditi, transporasi logistik dan telekomunikasi. 

Alfred memperkirakan, dividen untuk tahun buku 2021 yang akan mereka bagikan akan lebih tinggi dari tahun lalu.

Ia menjelaskan laba emiten dari sektor komoditi, sektor transportasi logistisk (perkapalan), telekomunikasi berpotensi naik signifikan terdorong oleh faktor kenaikan harga komoditi di tahun 2021, kenaikan ongkos tarif angkutan laut yang signifikan dengan suplai yang rendah, dan sektor untuk telekomunikasi didukung oleh belanja masyarakat yang masih besar untuk telekomunikasi.

Baca Juga: Daftar Saham yang Berpotensi Memberi Dividen Besar Tahun 2022, Ada ADRO PTBA BBRI dll

Khususnya untuk emiten komoditi yakni batubara, emiten-emitennya juga memiliki track record yang konsisten dalam pembagian dividen. Bahkan, untuk rasio dividen payout ratio juga yang tertinggi di antara sektor lainnya. Beberapa saham yang berpotensi memberikan dividen tersebut yaitu PTBA, ITMG, ADRO, TLKM, PGAS, dan SMDR.

Dalam mencermati saham-saham pembagi dividen, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalnya, investor tidak hanya melihat dari sisi besaran dividen payout ratio, namun dividend yield mana yang paling tinggi dalam memberikan besaran dividen yield.

Jadi, investor bisa melihat dividen payout ratio yang tinggi dan nilai valuasi PE yang rendah. Perpaduan nilai PE yang rendah dan dividen pay out yang tinggi ini akan menghasilkan dividen yield yang tinggi.

Musim pembagian dividen tahun buku 2021 diperkirakan akan terjadi di Mei-Juni 2022. Menurut Alfred, saham seperti ITMG, PGAS, TLKM dan SMDR tidak hanya memberikan dividen yield yang tinggi, namun untuk performa emiten-emiten tersebut ke depan juga masih sangat baik. Sehingga, saham-saham ini layak dikoleksi dalam jangka panjang.

Alfred memasang target harga PGAS di Rp 1.800, TLKM denhan target harga di Rp 5.080, saham ITMG dengan target harga di Rp Rp 27.500, dan SMDR dengan target harga di Rp 1.500.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×