Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Noverius Laoli
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Melandainya kasus Covid-19 menjadi pendorong kinerja PT Dyandra Media International Tbk (DYAN). Manajemen DYAN memproyeksi kinerja pendapatan pada tahun ini dapat meningkat 60% jika dibandingkan tahun buku 2021.
Direktur Utama Dyandra Media International, Daswar Marpaung, mengatakan, target pendapatan ini mempertimbangkan beberapa project on hand, asumsi, serta estimasi korporasi dalam memperluas pasar MICE (meeting, incentive, convention, and exhibition).
"Dari segi bottom line, DYAN juga berharap dapat mencatatkan laba bersih di akhir tahun 2022," katanya pada Kontan, Selasa (7/6).
Lebih lanjut ia menjelaskan, pendorong kinerja DYAN tahun ini meliputi perluasan pangsa pasar MICE, peningkatan jumlah event order, dan pertumbuhan demand jasa industri MICE sejalan dengan terkendalinya angka Covid-19.
Baca Juga: Pendapatan Dyandra Media International (DYAN) Melesat 252% di Kuartal I 2022
Hingga kuartal pertama tahun ini, DYAN mengantongi pendapatan sebesar Rp 108,26 miliar pada kuartal pertama tahun ini atau melesat 352,59% dari pendapatan kuartal pertama tahun 2021 sebesar Rp 23,92 miliar.
Rinciannya, pendapatan dari penyelenggara acara berkontribusi Rp 67,77 miliar, kemudian dari konvensi dan eksibisi menyumbang Rp 27,11 miliar, pendapatan dari hotel senilai Rp 6,08 miliar, dan pendukung acara Rp 7,29 miliar.
Dengan naiknya pendapatan, Dyandra Media International berhasil memangkas rugi bersih 71,27% dari tahun lalu sebesar Rp 41,12 miliar menjadi rugi bersih Rp 11,81 miliar pada kuartal pertama tahun ini.
Pada semester 2 ini, Daswar memaparkan agenda DYAN yang terdekat yakni akan menyelenggarakan pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) pada 22-31 Juli 2022 di JIExpo.
Baca Juga: Dyandra Media (DYAN) Siap Mencuil Berkah Penyelenggaraan G20