kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Fokus Energi Hijau Bank KB Bukopin Berikan Kredit Rp 309 M ke Indika Energy


Selasa, 03 Oktober 2023 / 08:55 WIB
Fokus Energi Hijau Bank KB Bukopin Berikan Kredit Rp 309 M ke Indika Energy
Loan Agreement Signing Ceremony


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID - Bank KB Bukopin terus menunjukkan komitmen dalam penerapan prinsip keberlanjutan yang sejalan dengan pilar Environment, Social, and Governance (ESG). Bank berkode saham BBKP menambah portofolio hijau yang bergerak pada sektor energi terbarukan, produk eko-efisien, dan transportasi ramah lingkungan atau electric vehicle (EV).

Sebagai bentuk realisasi komitmen tersebut, Bank KB Bukopin memberikan fasilitas kredit senilai USD 20 juta atau lebih dari Rp 309 miliar kepada anak usaha PT Indika Energy, PT Energi Makmur Buana (INVI). Fasilitas kredit tersebut diberikan untuk mendukung percepatan pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik komersial nasional, diantaranya yaitu dengan pengadaan electric bus milik TransJakarta dan pembiayaan pembangunan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU).

Penandatanganan surat persetujuan pemberian fasilitas kredit dilakukan oleh Kepala Divisi Bisnis Wholesale PT Bank KB Bukopin, Feisel Martha bersama President Director PT Energi Makmur Buana, Andreas Justiabel di Kantor Pusat Bank KB Bukopin, Senin 2 Oktober 2023. Perjanjian fasilitas antara Bank KB Bukopin dengan INVI tersebut memiliki jangka waktu hingga dua belas bulan sejak tanggal penandatanganan tersebut berlangsung.

Wakil Direktur Utama Bank KB Bukopin Robby Mondong mengungkapkan, BBKP berkomitmen untuk mempercepat pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Dengan berkolaborasi dengan INVI, KB Bukopin dapat mempercepat penggunaan kendaraan listrik yang selaras dengan komitmen pemerintah untuk menciptakan green mobility dengan mengadopsi teknologi untuk mengurangi emisi karbon.

Dengan tingginya penggunaan kendaraan listrik, Robby berharap fasilitas kredit yang diberikan BBKP dapat membuka lapangan pekerja baru bagi masyarakat. “Kami percaya dengan ikut aktif dalam pembiayaan berbasis ESG, dapat memberikan dorongan untuk mendukung transisi Indonesia menuju ekonomi berkelanjutan, mendorong inovasi teknologi dan menciptakan lapangan kerja baru di sektor ini,” kata Robby.

Menurut Robby, kredit atau pembiayaan hijau masih dapat terus berkembang di Indonesia. Dengan dukungan pemerintah juga, sektor perbankan masih punya ruang besar untuk mendukung pemanfaatan energi berkelanjutan dengan memberikan fasilitas pembiayaan kepada sektor lain.

“Selain itu kami melihat pembiayaan hijau sendiri mempunyai potensi yang besar di Indonesia. Pembiayaan hijau berpotensi meningkat sejalan dengan tumbuhnya perekonomian secara umum, maupun ekosistem ekonomi hijau secara khusus. Terlebih Pemerintah sebagai regulator memberikan dukungan penuh bagi perbankan untuk menyalurkan kredit hijau tersebut,” sambung Robby.

Senada dengan Robby, Direktur Utama PT Energi Makmur Buana, Andreas Justiabel menuturkan kehadiran INVI di Indonesia tidak hanya menjadi distributor kendaraan listrik komersial, tetapi juga sebagai Seamless EV Experience. Dengan memberi banyak layanan, Andreas berharap INVI dapat memberi kontribusi untuk meningkatkan pemanfaatan kendaraan listrik di Indonesia.

Melalui kolaborasi bersama Bank KB Bukopin, ia berharap INVI dapat menghadirkan berbagai produk kendaraan yang ramah lingkungan bagi masyarakat Indonesia.

“Kolaborasi ini memberi kami semangat untuk menghadirkan masa depan mobilitas kendaraan komersial lokal yang lebih ramah lingkungan. Kami bertekad untuk menghadirkan produk melalui solusi yang inovatif dengan memahami kebutuhan konsumen Indonesia,” ucap Andreas.

Komitmen Bank KB Bukopin untuk meningkatkan alokasi pembiayaan berkelanjutan sejalan dengan nilai-nilai KB Financial Group dan KB Kookmin Bank sebagai pemegang saham pengendali KB Bukopin, yang merupakan leader pembiayaan berbasis Environment, Social, and Governance (ESG) di Korea Selatan.

Penandatanganan fasilitas kredit senilai lebih dari Rp 309 Miliar tersebut dihadiri  juga oleh Jajaran Direksi dan Management Bank KB Bukopin, diantaranya Wakil Direktur Utama Bank KB Bukopin Robby Mondong, Direktur UKM & Bisnis Wholesale Yohanes Suhardi, Kepala Departemen Pinjaman Wholesale Yupiter Simbolon, dan Manajer Pinjaman Wholesale Donny Maliki. Sedangkan PT Energi Makmur Buana dihadiri oleh Legal Manager PT Energi Makmur Buana Taufik Susilo dan Marketing Staff PT Energi Makmur Buana Siska Amalia Bustomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×