Reporter: Narita Indrastiti | Editor: Hendra Gunawan
JAKARTA. Penjualan mobil PT Astra International Tbk (ASII) dalam dua bulan pertama tahun ini mencapai 115.277 unit atau naik 11,37% year on year (yoy).
Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), di bulan Februari saja, ASII mampu menjual 60.454 unit mobil dan menguasai 54% pangsa pasar nasional.
Jumlah itu naik 16% dari periode yang sama tahun lalu. Di bulan Februari tahun lalu, pangsa pasar mobil ASII hanya 50%.
Penjualan merek Daihatsu terlihat tumbuh paling signifikan. Dalam dua bulan, ASII menjual 35.072 mobil Daihatsu atau meraih pertumbuhan 32,8%. Namun, kontribusi utama tetap dari Toyota yang terjual 74.621 unit atau naik 4,03% yoy.
Sementara Isuzu terjual 5.472 unit, UD Trucks 100 unit, dan Peugeot 12 unit. Penjualan UD Trucks terlihat melorot. Di periode yang sama tahun lalu, penjualan UD Trucks mencapai 350 unit.
Kinerja penjualan mobil ASII terlihat tumbuh di atas rata-rata penjualan industri mobil yang sebesar 7,6% yoy atau sebanyak 215.277 unit.
Sementara itu, untuk penjualan roda dua atau motor Astra tampaknya tak sekinclong penjualan mobil. Pangsa pasar roda dua ASII di bulan Februari turun menjadi 62% dibanding bulan sebelumnya yang 63%.
Lewat merek Honda, ASII menjual 790.747 kendaraan roda dua sepanjang dua bulan lalu. Jumlah itu turun 1% dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.
Selama dua bulan di 2014, penjualan motor secara nasional memang mengalami penurunan 2,8% dengan total penjualan 1,258 juta unit.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News