kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,89   -4,12   -0.46%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Diversifikasi pendapatan, Humpuss Intermoda (HITS) kembangkan bisnis floating storage


Kamis, 01 November 2018 / 06:24 WIB
Diversifikasi pendapatan, Humpuss Intermoda (HITS) kembangkan bisnis floating storage
ILUSTRASI. Kapal PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk


Reporter: Yoliawan H | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HITS) mencatatkan pendapatan bersih US$ 59,3 juta pada sembilan bulan pertama tahun ini, naik 16% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Hal tersebut juga diiringi dengan pengurangan beban usaha dari kuartal III tahun lalu sebesar US$ 9,4 juta menjadi US$ 7,9 juta di tahun ini. Dus, laba bersih HITS hingga sembilan bulan pertama tahun ini mampu naik 24% menjadi US$ 9,6 juta secara year on year (yoy).

Ditemui di Bursa Efek Indonesia (BEI), Theo Lekatompessy, Komisaris Utama HITS mengatakan, jika dibandingkan tahun sebelumnya pertumbuhan pendapatan bersih tidak terlalu tinggi. Kendati demikian berkat efisiensi, laba bersih masih bisa melejit hingga 24%.

“Melihat secara industri energi memang sedang kurang bergairah, ini yang menyebabkan bisnis perkapalan sedikit terganggu,” kata Theo di BEI, Rabu (31/10).

Pihaknya saat ini tengah menyiapkan strategi baru untuk menyasar bisnis lain di luar distribusi energi melalui perkapalan. HITS membidik potensi lain dari floating storage unit (FSU). Ini merupakan bisnis gudang terapung di sekitaran pelabuhan yang dimanfaatkan ketika kapal bersandar.

“Di tahun 2019 kami juga akan masuk di floating storage regasification unit (FSRU) yang memungkinan sebuah kapal floating storage untuk mengubah gas cair menjadi gas yang siap digunakan,” ujarnya.

Saat ini bisnis FSU HITS baru beroperasi di Bali dan memberikan kontribusi pendapatan kurang dari 10%. HITS berharap pendapatan dari floating storage ini dapat meningkat di atas 10% tahun depan karena memang potensi bisnis ini cukup besar.

Anak usaha IPO

Selain itu guna meningkatkan kinerja anak usaha, manajemen juga akan menjadikan PT Humpuss Transportasi Kimia menjadi perusahaan terbuka dan tercatat di BEI.

“Kami harapkan anak usaha ini bisa melantai di bursa pada akhir tahun 2019 atau awal tahun 2020. Kami menunggu momentum tepat pascatahun politik,” ujar Theo.

Selain untuk pendaaan yang lebih murah, tujuan dari IPO ini adalah untuk mendewasakan perusahaan dan meningatkan good corporate governance Humpuss Transportasi Kimia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×