kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ditekan sentimen corona, USD/JPY direkomendasikan sell


Minggu, 01 Maret 2020 / 17:06 WIB
Ditekan sentimen corona, USD/JPY direkomendasikan sell
ILUSTRASI. FILE PHOTO: Light is cast on a U.S. one-hundred dollar bill next to a Japanese 10,000 yen note in this picture illustration shot February 28, 2013. REUTERS/Shohei Miyano/Illustration/File Photo


Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Semakin meningkatnya sebaran virus corona, berpotensi mendorong pasangan USD/JPY untuk kembali melemah pada perdagangan Senin (2/3). Apalagi, secara teknikal pergerakan harga juga masih mengindikasikan tren bearish. Mengutip Bloomberg, pada perdagangan akhir pekan pasangan USD/JPY mencatatkan penurunan sebanyak 1,55% ke level 107,89.

Analis Bestprofit Futures Agus Prasetyo mengatakan, pasangan USD/JPY telah memperpanjang penurunan hariannya untuk menyentuh level terendah sejak 3 Februari. "Kondisi tersebut sejalan dengan sikap para investor yang menjauh dari greenback, mengantisipasi potensi Bank Sentral AS (The Fed) yang akan memotong biaya pinjaman untuk membantu mengimbangi dampak wabah virus corona," jelas Agus kepada Kontan.co.id, Sabtu (29/2). 

Selain itu, Wall Street juga jeblok dengan penurunan mingguan terbesar sejak krisis keuangan. Dow Jones Industrial Average turun 1,38% dalam sehari. Sementara itu, indeks S&P 500 tergelincir 0,83% dan Nasdaq Composite berakhir moderat, sekaligus menjadi faktor kembali meningkatnya permintaan safe haven seperti yen Jepang.

Baca Juga: Penyebaran virus corona merata, mengapa rupiah justru paling babak belur?

Di sisi lain Gubernur Federal Reserve Jerome Powell pada Jumat (28/2), merilis pernyataan mendadak yang memicu anggapan pelaku pasar bahwa potensi penurunan suku bunga acuan (FFR) bakal terjadi. Powell mengatakan bahwa bank sentral akan bertindak mendukung perekonomian setelah mengakui bahwa virus corona merupakan ancaman bagi perekonomian dan mendorong dolar AS melemah lebih lanjut.

Sementara itu, sentimen investor juga didorong oleh laporan bahwa Presiden AS Donald Trump tengah mempertimbangkan upaya mendorong ekonomi di tengah penyebaran virus corona, termasuk rencana untuk menelurkan paket pemotongan pajak yang ditargetkan. Apalagi, laju penyebaran virus corona masih berkembang pesat. Sebanyak 86.986 kasus dilaporkan di seluruh dunia hingga Minggu (1/3) pukul 16.53 WIB.

Nigeria dan Selandia Baru juga melaporkan infeksi pertama mereka. Organisasi Kesehatan Dunia pada hari Jumat menaikkan penilaian risiko Covid-19 ke tingkat global sangat tinggi dari tinggi pada akhir Januari. Alhasil, ke depan pandemi tersebut diperkirakan masih akan menjadi sentimen negatif bagi dolar AS dan memberikan sinyal bagi safe haven yen Jepang untuk kembali naik di perdagangan berikutnya.

Namun, Agus juga mengungkapkan bahwa rilis data ekonomi makro dari Biro Analisis Ekonomi AS yang melaporkan inflasi inti tahunan di Januari naik ke 1,6% dan pendapatan pribadi naik 0,6% pada basis bulanan. Data tersebut melampaui ekspektasi pasar 0,3% dan sekaligus membantu greenback sedikit menguat dan terlihat membatasi penurunan lebih jauh terhadap yen.

Baca Juga: Rupiah jatuh ke titik terlemah, outlook ekspor masih tersendat

Secara teknikal, berdasarkan grafik daily pasangan USD/JPY masih berpotensi kembali bearish di jangka pendek. Indikator exponential moving average (EMA) menegecil dengan arah harga cenderung turun. Selain itu, Vortex Indikator (VI) juga memberikan sinyal red over blue dengan arah kurs berpotensi untuk turun. Sedangkan pada indikator True Strengh Indicator (TSI) berada di figur + 3,27 menunjukkan arah kurs cenderung turun.

"Secara umum pasangan USD/JPY dalam area downtrend di jangka pendek," ungkap Agus.

Adapun untuk rekomendasi trading USD/JPY pada perdagangan Senin (2/3) adalah sell dengan level support 107 - 106,17 - 104. Sedangkan untuk level resistance berada di 109,17 - 110,51 - 112,68.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×