kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45854,70   -4,91   -0.57%
  • EMAS932.000 0,22%
  • RD.SAHAM -0.53%
  • RD.CAMPURAN -0.14%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Disahkannya bitcoin di El Salvador membawa sentimen positif bagi aset kripto


Kamis, 10 Juni 2021 / 22:05 WIB
Disahkannya bitcoin di El Salvador membawa sentimen positif bagi aset kripto
ILUSTRASI. Mata uang kripto.

Reporter: Achmad Jatnika | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Aset digital kripto mengalami penurunan yang signifikan selama satu bulan terakhir, misalnya bitcoin yang mengalami penurunan dari US$ 58.000-an per BTC ke level US$ 38.000-an per BTC.

Akan tetapi, selama 24 jam terakhir pada pukul 17.00 WIB merujuk pada CoinDesk, harga kembali naik sebanyak 11,96%. Selain itu volume transaksinya selama 24 jam juga berada di angka US$ 54,53 miliar.

Menurut CEO Digitalexchange.id Duwi Sudarto, aset kripto saat ini masih menarik, karena masih banyak kegunaan dan fungsi yang masih bisa dieksplorasi dari teknologi ini. Lalu, dengan disahkannya bitcoin di El Savador juga dinilai menjadi sentimen positif dan sejarah baru untuk aset kripto.

“Tidak menutup kemungkinan negara lain akan mengikuti kebijakan tersebut. Hal tersebut dapat menjadi sentimen positif bagi Aset Kripto lainnya yang dapat berimbas kepada tren harga positif selanjutnya,” kata Duwi kepada Kontan, Kamis (10/6).

Baca Juga: Prospek kripto masih positif, investor disarankan pakai sistem dollar cost averaging

Sebagai tambahan, pemerintah El-Salvador secara resmi mengakui bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah. Dalam pemungutan suara yang dilakukan Rabu (9/6) pagi, proposal Presiden Nayib Bukele untuk mengadopsi bitcoin didukung mayoritas legislatif.

Ia menilai optimis bahwa potensi dari aset kripto masih tinggi, misalnya dengan potensi negara-negara lain mengadopsi teknologi ini akan membuat harga dari aset kripto kembali menanjak.

Untuk berinvestasi saat ini, Duwi menilai bahwa membeli di harga termurah merupakan hal yang paling ideal, karena bisa dijual di harga yang tinggi. Selain itu, di kondisi pasar saat ini ia menyarankan untuk menerapkan teknik trading parsial, untuk meminimalisasi kerugian, atau bahkan mengoptimalisasi profit.

Ia juga melihat bahwa banyak prediksi bitcoin akan menyentuh harga tertingginya kembali, tetapi perlu diingat bahwa prediksi dapat benar atau salah, sehingga investor disarankan harus selalu menyiapkan skema terbaik jika ingin melakukan investasi, dan menggunakan dana dingin, bukan dana pokok kebutuhan sehari-hari.

Selanjutnya: El Salvador resmi jadi negara pertama yang melegalkan bitcoin jadi alat pembayaran

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Pendalaman Strategic Thinking Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 2

[X]
×