kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dikabarkan putus kerja sama dengan Pepsi, ini kata Indofood (ICBP)


Kamis, 03 Oktober 2019 / 13:33 WIB
Dikabarkan putus kerja sama dengan Pepsi, ini kata Indofood (ICBP)
ILUSTRASI. Pepsi


Reporter: Dityasa H Forddanta | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kongsi bisnis perusahaan minuman terbesar di dunia, PepsiCo Inc, bersama Grup Indofood dikabarkan berakhir. Berdasarkan informasi yang ramai beredar, PepsiCo telah mengakhiri kontrak kerjasama produksi dengan PT Anugerah Indofood Barokah Makmur (AIBM), anak usaha PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP). 

Dengan berakhirnya kerjasama itu maka AIBM tidak akan lagi memproduksi, menjual, atau mendistribusikan minuman untuk PepsiCo di Indonesia. 

Sehingga, dalam waktu dekat, minuman bersoda Pepsi dan sejumlah merek lainnya sepenuhnya tak ada lagi di pasaran. Bahkan, belakangan ini minuman Pepsi dan sejumlah merek keluaran PepsiCo lainnya sulit ditemukan di minimarket atau gerai food & beverages lainnya.

Baca Juga: Pepsi hengkang, KFC bakal ganti menu minuman

Tidak dijelaskan alasan penghentian kerjasama tersebut. Hanya saja, PepsiCo disebut-sebut masih ingin kembali ke Indonesia.

Sementara, Direktur ICBP Axton Salim enggan mengomentari lebih lanjut terkait kabar tersebut. "Benar atau tidaknya kami pasti akan berikan keterangan," ujarnya saat ditemui Kontan.co.id, Kamis (3/10).

Asal tahu saja, pada 12 September 2013, PT Prima Cahaya Indobeverages (PCIB) menjalin kerjasama dengan PepsiCo untuk secara eksklusif memproduksi, menjual dan mendistribusikan produk minuman non-alkohol dengan menggunakan merek-merek milik PepsiCo di Indonesia.

Perjanjian tersebut memiliki jangka waktu selama lima tahun. Tahun lalu, perjanjian telah diperpanjang hingga tahun ini.

Baca Juga: Simak rekomendasi analis untuk saham INDF dan ICBP

Sejak pertengahan tahun lalu, PCIB telah bergabung atawa merger ke dalam AIBM yang sebelumnya merupakan perusahaan patungan antara ICBP bersama Asahi Group Holdings. ICBP saat ini menguasai 99,99% kepemilikan efektif atas AIBM setelah mengakuisisi sejumlah saham milik Asahi di perusahaan patungan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×