kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Digital Mediatama Maxima (DMMX) siapkan capex Rp 150 miliar di 2021


Minggu, 21 Maret 2021 / 11:15 WIB
Digital Mediatama Maxima (DMMX) siapkan capex Rp 150 miliar di 2021
ILUSTRASI. PT Digital Mediatama Maxima Tbk masuk ke bisnis game digital?dengan produk mobile games dan aplikasi komik digital.


Reporter: Benedicta Prima | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX) tahun ini bakal fokus mengembangankan jaringan advertising screens serta meningkatkan konten digital dan platform bekerjasama dengan Bumilangit dan RANS Entertainment. 

Pada Mei 2021 mendatang perusahaan joint venture DMMX dan Bumilangit yaitu PT Bumilangit Digital Mediatama bakal meluncurkan game visual berbasis novel webtoon Bumilangit yang populer yaitu Virgo and The Sparklings. Game seluler ini akan diberi nama Virgo and The Sparklings, This is The Rhytim of My Life. 

Game ini diprediksi baru akan mulai memberikan kontribusi pada semester II-2021. Meskipun pendapatan yang diharapkan dari game ini tidak begitu besar mengingat sebagian besar gratis untuk dimainkan, DMMX berharap berbagai sinergi akan terwujud seiring dengan dirilisnya film Virgo dengan serangkaian fitur lengkapnya.

Perusahaan joint venture ini juga telah meluncurkan LINE Stickers Jagoan Bumilangit yang bisa diunduh secara gratis setelah menggunakan fitur Top-up dan Tagihan. Fitur tersebut merupakan layanan LINE yang bekerjasama dengan PT NFC Indonesia Tbk (NFCX). 

Baca Juga: Saham-saham ini banyak diburu investor asing saat IHSG terkoreksi, Senin (15/3)

Sedangkan kerjasama dengan RANS Entertainment dilakukan alam bentuk pendirian usaha joint venture PT DMMX Rans Digital yang akan bekerjasama untuk memperluas kemampuan pemasaran dan periklanan digital. 

Presiden Direktur Digital Mediatama Maxima, Budiasto Kusuma, menjelaskan, sebagai panduan kasar untuk pengembangan game seluler di pasaran dibutuhkan biaya sebesar Rp 300 juta hingga Rp 700 juta. Namun untuk kebutuhan dana pengembangan game Virgo and The Sparklings tersebut DMMX belum bisa memberikan rinciannya lantaran saat ini proses masih terus berjalan. 

"Kalau untuk belanja modal tahun ini dianggarkan sekitar Rp 150 miliar dan sebagian besar berasal dari kas internal dan pinjaman bank," jelas Budiasto kepada Kontan, Minggu (21/3). 

Budiasto berharap akan melihat lebih banyak lagi produk dan layanan online pada tahun 2021, seperti advertising exchange (adex) hub. Selain itu, kemitraan yang semakin erat dengan Bumilangit dan RANS Entertainment juga akan menghasilkan lebih banyak inisiatif dalam beberapa tahun ke depan.

Baca Juga: IHSG turun, asing banyak menadah saham-saham ini pada perdagangan Senin (15/3)

"Secara umum kami tidak dapat memberikan proyeksi yang tepat, namun kami mengharapkan tingkat pertumbuhan yang sama atau lebih baik dari apa yang telah terlihat pada tahun 2020," jelasnya. 

Hasil kinerja DMMX untuk tahun 2020 belum dirilis. Pada kuartal ketiga, lanjut Budiasto, kontributor laba bersih terbesar masih berasal dari rangkaian layanan digital advertising. Pada periode tersebut pendapatan bersih DMMX tercatat sebesar Rp 347,63 miliar atau  meningkat 270,37% secara tahunan (yoy). Adapun laba bersih yang dikantongi juga meningkat 237,87% yoy menjadi Rp 24,8 miliar. 

Selanjutnya: Digital Mediatama (DMMX) bakal luncurkan aplikasi game Virgo and the Sparklings

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×