kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Didominasi obligasi negara, reksadana Panin Dana Utama Plus 2 catat kinerja positif


Kamis, 23 Januari 2020 / 10:17 WIB
Didominasi obligasi negara, reksadana Panin Dana Utama Plus 2 catat kinerja positif
ILUSTRASI. Ilustrasi Reksadana Panin Asset management di Jakarta. KONTAN/Muradi/2016/03/02

Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Herlina Kartika

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Andalkan sektor yang berkorelasi positif dengan potensi penurunan suku bunga, reksadana Panin Dana Utama Plus 2 milik Panin Asset Management catatkan kinerja positif.

Berdasarkan fund fact sheet per Desember 2019, alokasi aset pada reksadana ini didominasi oleh obligasi pemerintah yang mencapai 62,20% dari keseluruhan. Sementara sisanya, 24,08% ke obligasi korporasi dan 13,72% ke pasar uang & kas.

Rudiyanto, Head of Operation and Business Development Panin AM menyebut racikan reksadana ini agak berbeda dibandingkan racikan biasanya. Biasanya, Panin Dana Utama Plus 2 terdiri dari 30%- 50% obligasi korporasi dan sisanya diisi obligasi pemerintah.

Baca Juga: OJK suspen MI yang terbitkan reksadana tunggal bagi Jiwasraya

“Pada tahun lalu sebagian obligasi korporasi memiliki kondisi jatuh tempo di bawah satu tahun. Dengan jatuh tempo yang tak mencapai setahun, maka dikategorikan sebagai pasar uang,” jelas Rudiyanto, Rabu (22/3).

Rudiyanto menilai kombinasi antara obligasi pemerintah dan obligasi korporasi merupakan hal yang krusial. Strategi perpaduan ini dinilai bisa meminimalkan risiko volatilitas harga. 

Hal ini tidak terlepas dari kenaikan obligasi pemerintah yang dibayangi oleh koreksi. Obligasi korporasi mempunyai peran untuk menstabilkan jika koreksi terjadi.

Sementara untuk deposito atau pasar uang, Rudiyanto memilih deposito di Bank BUKU III dan IV. “Kalau penempatan di deposito bertujuan untuk likuiditas seperti pembayaran redemption dan switching. Terkadang juga karena belum menemukan obligasi yang cocok dari segi harga,” papar Rudiyanto.

Berdasarkan data Infovesta per 22 Januari, reksadana Panin Dana Utama Plus 2 tumbuh 13,30% dalam satu tahun terakhir. Catatan tersebut jauh mengungguli kinerja rata-rata reksadana tetap. Dalam Infovesta Fixed Income Fund Index 90, dalam setahun terakhir pertumbuhannya mencapai 10,44%.




TERBARU

Close [X]
×