kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cum Dividen Saham UNVR, INKP, TKIM Dimulai Hari Ini 20/6/2022, Siapa yang Layak Beli?


Senin, 20 Juni 2022 / 07:06 WIB
Cum Dividen Saham UNVR, INKP, TKIM Dimulai Hari Ini 20/6/2022, Siapa yang Layak Beli?
ILUSTRASI. Cum Dividen Saham UNVR, INKP, TKIM Dimulai Hari Ini 20/6/2022, Siapa yang Layak Beli?


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk (INKP), dan PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (TKIM) akan memasuki cum dividen mulai hari ini, Senin 20 Juni 2022. Dari tiga saham UNVR, INKP dan TKIM yang akan melakukan pembayaran dividen, mana yang paling bagus dibeli?

INKP akan melakukan pembayaran dividen saham Rp 50 dengan yield sebesar 0,26%. Cum dividen saham INKP di pasar reguler dan negosiasi berlangsung hari ini, Senin 20 Juni 2022.

Recording date yang berhak atas dividen tunai saham INKP pada tanggal 22 Juni 2022. Sedangkan pelaksanaan pembayaran dividen tunai saham INKP tanggal 14 Juli 2022.

Sementara, pembayaran dividen saham TKIM senilai Rp 25 per saham dengan yield 0,38%. Cum dividen saham TKIM di pasar reguler dan negosiasi berlangsung hari ini, Senin 20 Juni 2022.

UNVR akan membagikan dividen sebesar Rp 84 per saham. Mengacu harga perdagangan Jumat (17/6), UNVR berada di level Rp 4.650 maka yield dividen emiten consumer goods ini sebesar 1,80%.

Cum dividen saham UNVR di pasar reguler dan pasar negosiasi berlangsung pada tanggal 23 Juni 2022. Sedangkan jadwal pembayaran dividen saham UNVR pada tanggal 13 Juli 2022.

Baca Juga: Hadapi Crypto Winter, Berikut Strategi Investasi yang Bisa Diterapkan

Dengan besaran yield ketiga emiten tersebut, Analis Investindo Nusantara Sekuritas Pandhu Dewanto menilai secara momentum tidak akan berpengaruh pada pergerakan harga sahamnya karena nilainya relatif kecil.

“Biasanya investor akan cenderung mencari emiten yang memiliki yield dividen lebih dari 5%, meningkatnya minat investor ini dapat memicu penguatan harga saham,” kata Pandhu kepada Kontan akhir pekan ini.

Selain itu, Pandhu bilang yield dividen lebih dari 5% dipandang lebih menarik karena menawarkan yield yang sudah lebih tinggi daripada deposito, bahkan obligasi pemerintah.

Di sisi lain, saham-saham first liner seperti UNVR, INKP dan TKIM perlu diwaspadai dari kondisi pasar dalam negeri dan global dalam situasi yang bergejolak lebih kuat sebagai buntut dari kenaikan suku bunga The Fed sejak bulan lalu.

Sementara, Equity Analyst Kanaka Hita Solvera William Wibowo menilai ketiga pembagian dividen dari ketiga emiten tersebut cukup menarik. Menurutnya, lewat aksi korporasi ini perusahaan dapat meyakinkan investor bahwa perusahaan sudah mulai pulih.

“Perlu diwaspadai adanya potensi throwback setelah pembagian dividen yang disebabkan oleh aksi profit taking para pelaku pasar. Namun perlu diingat pula bahwa seharusnya penurunan harga ini sifatnya lebih ke koreksi wajar,” kata dia.

Itulah rekomendasi saham UNVR, TKIM dan INKP yang akan melakukan pembayaran dividen saham dengan cum dividen mulai hari ini, 20 Juni 2022. Ingat disclaimer on, segala risiko investasi atas rekomendasi saham di atas menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×