kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

CSA Research: Penguatan indeks akan berlanjut pada awal pekan ini


Senin, 14 Januari 2019 / 08:00 WIB
CSA Research: Penguatan indeks akan berlanjut pada awal pekan ini


Reporter: Krisantus de Rosari Binsasi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di akhir pekan lalu (11/1) mampu menggenapkan kenaikannya. Indeks menguat 0,52% ke level 6.361,46.

Analis senior CSA Research Institute Reza Priyambada mengatakan, masih bertahannya volume beli yang dibantukan dengan penguatan sejumlah bursa saham Asia membuat IHSG dapat bertahan di zona hijau.

"Di sisi lain, kembali melemahnya laju rupiah tampaknya tidak menghalangi penguatan IHSG. Selain itu, posisi IHSG yang kembali berada di area upper bollinger band pun juga tidak menghalangi kenaikannya," ungkapnya pada Minggu (13/1).

Reza bilang, ada dua sentimen positif yang mengiringi kenaikan IHSG diantaranya, reaksi positif pelaku pasar terhadap pernyataan The Fed yang bersabar terkait kebijakan suku bunganya dengan melihat kondisi makro ekonomi internal dan eksternal AS. "Dan masih adanya sejumlah berita positif dari para emiten," lanjut dia.

Dia juga mengungkapkan bahwa asing mencatatkan aksi beli bersih senilai Rp 812,66 miliar atau naik 5,28% dibandingkan sehari sebelumnya.

Lantas untuk senin (14/1) hari ini, ia meramalkan indeks akan tetap lanjutkan penguatan. "Posisi IHSG yang masih berada di area upper bollinger band dan didukung dengan kenaikan volume beli menunjukan masih adanya minat beli dan peluang IHSG untuk kembali menguat," jelasnya.

Akan tetapi Reza bilang, ada tendensi untuk terjadinya aksi ambil untung jika sentimen yang ada tidak terlalu mendukung. "Untuk itu, tetap antisipasi terhadap sentimen yang dapat terjadi pembalikan arah melemah terutama jika kondisi bursa saham global mulai berbalik melemah maupun rupiah yang dimungkinkan kembali melemah," katanya.

Ia memprediksi pada hari ini IHSG akan menguat dengan support di level 6.325 hingga 6.348. Sedangkan resistance diharapkan dapat menyentuh kisaran 6.372 hingga 6.388.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×