kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Crossing saham pengelola ANTV senilai Rp 343 miliar


Jumat, 02 Maret 2018 / 08:15 WIB
Crossing saham pengelola ANTV senilai Rp 343 miliar


Reporter: Dityasa H Forddanta | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Aksi transaksi tutup sendiri alias crossing saham kembali terjadi di Bursa Efek Indonesia (BEI). Kali ini, transaksi tersebut melibatkan saham PT Intermedia Capital Tbk (MDIA).

Berdasarkan data RTI, crossing saham terjadi atas 1,82 miliar saham MDIA pada satu jam sebelum penutupan perdagangan Kamis (1/3). Transaksi ini dilakukan pada harga Rp 118 per saham.

Total nilai transaksi di pasar negosiasi sebesar Rp 342,7 miliar. Mandiri Sekuritas menjadi broker yang memasang posisi jual. Sedangkan Semesta Indovest bertindak sebagai broker pembeli.

Belum jelas identitas investor yang menjadi pihak penjual maupun pembeli di belakang aktivitas para broker tersebut. Namun beredar kabar, crossing saham ini ada kaitannya dengan proses akuisisi saham MDIA oleh
PT Surya Cipta Media Tbk (SCMA).

SCMA dikabarkan membeli saham MDIA yang dikuasai oleh PT Prudential Life Assurance. Pembeliannya dilakukan secara bertahap .

Berdasarkan laporan keuangan MDIA per akhir kuartal III-2017, Prudential merupakan pihak yang menguasai 2,11 miliar atau 5,4% saham MDIA. Namun, secara perlahan, porsi kepemilikannya berkurang.

Pada awal Februari lalu, Prudential menjual 10,75 juta saham MDIA. Sehingga kepemilikan Prudential saat ini berkurang menjadi 2,09 miliar atau 5,34% saham.

Manajemen SCMA belum memberikan konfirmasi terkait dengan rumor ini. Namun, pada kesempatan sebelumnya, SCMA sempat membantah rumor yang menyebutkan  bahwa emiten tersebut akan mengakuisisi saham MDIA menggunakan dana private placement senilai lebih dari Rp 3,5 triliun.

Belakangan ini, pelaku pasar memburu saham MDIA di pasar. Pada transaksi kemarin, harga saham MDIA ditutup melonjak 24,27% menjadi Rp 256 per saham. Ini adalah posisi tertinggi MDIA dalam setahun terakhir. Sejak awal tahun hingga kemarin, harga MDIA menanjak 48,84%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×