kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Citra Marga (CMNP) Berencana Rights Issue 2,23 Miliar Saham


Rabu, 26 Januari 2022 / 19:42 WIB
Citra Marga (CMNP) Berencana Rights Issue 2,23 Miliar Saham
ILUSTRASI. Kendaran melintasi Jalan Tol Dalam Kota Ruas Cawang - Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (30/1).


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan pengelola jalan tol, yakni PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) berencana untuk melakukan penawaran umum terbatas III (PUT III) sebanyak-banyaknya 2,23 miliar saham baru. Penawaran umum terbatas ini dilaksanakan dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue.

CMNP menyebutkan rencana ini pada keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia, Rabu (26/1). Untuk memuluskan aksi korporasi ini, CMNP akan menggelar rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada 17 Februari 2022.

Sejauh ini, CMNP belum mengeluarkan informasi tambahan maupun prospektus terkait aksi korporasi tersebut. Harga pelaksanaan dan tujuan penggunaan rights issue pun belum diketahui. Namun, dengan asumsi rights issue dilaksanakan pada harga penutupan CMNP di level  Rp 1.645, maka diasumsikan CMNP meraih dana segar hingga Rp 3,67 triliun.

Baca Juga: Citra Marga Nusaphala (CMNP) ambil alih 7,29 juta saham Jasa Sarana

Asal tahu, pada November 2020, CMNP telah melaksanakan penawaran umum terbatas II (PUT II) dengan melepas 1,81 miliar saham baru dengan harga pelaksanaan Rp 770 per saham. Dus, CMNP meraup dana segar Rp 1,39 triliun. Dana segar dari aksi korporasi dengan pembeli siaga PT Raja Berkah Tentram itu CMNP gunakan untuk modal pembangunan jalan tol.

Untuk tahun ini, CMNP akan mengalokasikan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp 11 triliun. Sebagian capex tersebut akan digunakan untuk penyelesaian proyek pembangunan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu). Adapun tol tersebut nantinya akan menghubungkan Cisumdawu dengan tol Padalarang-Cileunyi, Tol Soroja dan Tol cikampek-Paliman.

Baca Juga: Citra Marga Nusaphala (CMNP) akan alokasikan capex Rp 11 triliun di tahun 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×