kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Chemstar Indonesia (CHEM) Lanjut Ekspansi pada 2024


Kamis, 30 November 2023 / 18:59 WIB
Chemstar Indonesia (CHEM) Lanjut Ekspansi pada 2024
ILUSTRASI. PT Chemstar Indonesia Tbk (CHEM) optimistis mampu meraup penjualan mencapai Rp 208 miliar untuk tahun buku 2024


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Chemstar Indonesia Tbk (CHEM) optimistis mampu meraup penjualan mencapai Rp 208 miliar untuk tahun buku 2024. Sektor energi yang mulai berkontribusi dan ekspansi ke bidang agro chemical menjadi pendorongnya.

Direktur CHEM Wenty Akbar Rasjid mengatakan, tahun ini perseroan telah merealisasikan ekspansi usaha ke sektor energi dan menjadi Channel Partner PT Baker Hughes Indonesia. Perusahaan tersebut merupakan anak usaha Baker Hughes Incorporated, perusahaan asal Amerika Serikat yang beroperasi di bidang industri energi sebagai penyedia jasa ladang minyak.

Saat bersamaan, PT Pertamina Gas telah menyatakan bahwa konsorsium CHEM dan Baker Hughes Indonesia memenangkan tender untuk melaksanakan proyek jasa operasional dan pemeliharaan pekerjaan Pour Point Depressant (PPD) di area Rokan.

Baca Juga: Chemstar (CHEM) Telah Realisasikan Seluruh Dana IPO

"Kami memproyeksikan pada kuartal IV akan memperoleh tambahan nilai penjualan sebesar Rp 15 miliar dari lini bisnis energi atau di luar core bisnis CHEM pada bidang perdagangan bahan kimia untuk tekstil," ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (30/11).

Tahun ini perseroan menargetkan pendapatan sebesar Rp 130 miliar. Rinciannya, penjualan bahan kimia untuk tekstil sebesar Rp 115 miliar dan senilai Rp 15 miliar dari bisnis di bidang energi. Proyeksi omzet tersebut sekaligus menunjukkan adanya pertumbuhan Rp 2,5 miliar dibanding capaian di 2022.

 

Guna dapat menopang target kinerja keuangan di masa mendatang, menurut Wenty, saat ini CHEM juga sedang mendiversifikasi bisnis ke bidang agro chemical sebagai produsen bahan baku pestisida dan herbisida. Sejalan dengan strategi ekspansi tersebut, perseroan juga sedang mengagendakan langkah lanjutan terkait upaya mengakuisisi pabrik, setelah para pemegang saham menyetujui rencana CHEM yang akan membeli pabrik di Jawa Barat dengan skema pendanaan dari kredit investasi perbankan.

Dari berbagai upaya tersebut, tahun depan CHEM memproyeksikan pendapatan mencapai Rp 208 miliar. Target itu tumbuh 60% dibanding proyeksi tahun 2023, dengan kontributor utama masih pada lini bisnis bahan kimia tekstil sebesar Rp 128 miliar.

Sementara itu, penjualan pada lini bisnis energi di 2024 diperkirakan Rp 60 miliar dan agro chemical akan menyumbang Rp 20 miliar terhadap total penjualan tahun buku 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×