Reporter: Kenia Intan | Editor: Wahyu T.Rahmawati
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten media PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) mencetak pertumbuhan pendapatan bersih dan laba bersih hingga dua digit sepanjang enam bulan pertama tahun 2021. MNCN membukukan pertumbuhan pendapatan bersih 22,59% secara tahunan atau year on year (yoy) menjadi Rp 4,86 triliun. Sementara itu, laba bersihnya meningkat lebih tinggi 25% yoy menjadi Rp 1,26 triliun.
Dalam siaran pers, manajemen MNCN memaparkan pertumbuhan kinerja sepanjang semester I 2021 itu tidak terlepas dari perkembangan positif dari bisnis-bisnis MNCN seperti Program FTA TV, E-sports, Media Sosial, Portal Online, dan RCTI+.
Program FTA TV
Per 30 Juli 2021, MNCN mencatatkan pangsa pemirsa secara keseluruhan sebesar 53,4% pada slot prime time dan pangsa pemirsa non-prime time mencapai 40,8%. RCTI mendominasi pangsa pemirsa yang signifikan dengan masing-masing 37,5% dan 18,6%. Manajemen mengungkapkan, capaian ini didukung produksi in-house baik untuk drama seri maupun program spesial.
Dalam hal program, MNCN mengungkapkan, hingga bulan Juli 2021 sebanyak 24 dari 30 program terbaik dari semua genre di sepanjang tahun 2021 disiarkan di TV FTA milik MNCN.
Baca Juga: Media Nusantara Citra (MNCN) cetak kinerja positif, simak rekomendasi sahamnya
Sementara itu, lima drama seri buatan MNC Pictures (MNCP) menjadi paling banyak ditonton masyarakat Indonesia. Adapun seri-seri itu disiarkan di TV FTA milik MNCN. Lima seri itu adalah Ikatan Cinta, Amanah Wali 4, Preman Pensiun 5, Amanah Wali 5, dan Putri untuk Pangeran.
Selain itu, output produksi dari MNCP memimpin industri dengan lebih dari 2.000 jam konten yang diproduksi sampai dengan separuh tahun 2021. Capaian itu mewakili 40% pangsa pasar produksi.
Sekadar informasi, MNCN melalui jajaran programnya yang terdiri dari program-program spesial dapat menghasilkan pendapatan dari sponsorship untuk mendorong iklan non-reguler. Misalnya, pencarian bakat, anniversary, program awarding, dan masih banyak lagi. Asal tahu saja, program berbasis sponsor rata-rata menghasilkan pendapatan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan program reguler di FTA.
Baca Juga: Ciptadana Sekuritas rekomendasikan beli saham MNCN, simak ulasannya
E-Sports
MNCN telah mencapai kesepakatan dengan Garena untuk memproduksi musim ke-4 Free Fire Master League yang akan disiarkan di MNCN FTA TV, GTV dan RCTI+. Acara tersebut akan mulai tayang pada 21 Agustus 2021.
Seluruh produksi akan dilaksanakan di kompleks studio MNCN. Sementara final yang berlangsung pada 24 Oktober akan disiarkan di studio RCTI+. Selain itu, kesepakatan dengan Garena juga mencakup blocking time untuk acara anniversary Free Fire.
Setelah Free Fire Master League Season 4, peluncuran game Rapid Fire akan dilakukan pada bulan September. Selain itu, MNCN juga tengah mempersiapkan perpanjangan kerjasama dengan Moonton untuk menyelenggarakan musim ke 2 program pencarian bakat yang disebut E-Sports Star Indonesia.
Baca Juga: Sebagian saham emiten media tertekan, ini saham yang masih direkomendasikan
Media Sosial
Kinerja YouTube MNCN tetap kokoh di Indonesia. Hingga Juni 2021, YouTube channels MNCN telah mengumpulkan lebih dari 139 juta subscribers dan 44,1 miliar views.
Selain itu, unit multi-channel network (MCN) MNCN juga mencatat hasil yang positif dengan perolehan 70,3 juta subscribers dan 8,1 miliar views. MNC optimistis dapat mencapai kontribusi signifikan dari operasional multi-channel network terhadap pendapatan digitalnya. Sebab, pihaknya akan melakukan penambahan berbagai content creator ternama ke dalam talent pool multi-channel network untuk tahun ini.
Adapun sejak tahun 2020 MNCN melakukan monetisasi media sosialnya, Facebook dan Tiktok. Hingga tahun 2021 ini kedua media sosial itu memiliki basis followers masing-masing mencapai 53 juta dan 74 juta.
Baca Juga: Perkuat bisnis E-sport, MNC Studios (MSIN) gandeng Moonton
Portal Online
MNCN memiliki dan mengoperasikan enam portal online di bawah pengelolaan yang berfokus pada segmen audiens. Portal online tersebut okezone.com (umum dan berita), sindonews.com (berita mendalam), inews.id (berita nasional dan regional), celebrity.id (hiburan), sportsstars.id (olahraga), dan idxchannel.com (pasar modal, keuangan, bisnis, dan ekonomi).
Secara kolektif, traffic portal online tersebut mencapai lebih dari 75 juta pengguna aktif bulanan pada kuartal pertama 2021. Akan tetapi pada bulan Juli 2021 yang lalu, capaiannya menurun menjadi 57 juta monthly active user (MAU) karena kurangnya berita yang signifikan.
MNCN akan terus meningkatkan solusi benchmarking digital pihak ketiga untuk memastikan tolak ukur pasar yang paling akurat digunakan untuk mendorong pelaporan dan kinerja di masa mendatang. Selain itu, bisnis portal online akan terus ditingkatkan kualitas konten, kecepatan dalam pemberitaan, eksklusivitas, sekaligus menawarkan keragaman melalui sinergi dan integrasi portal yang tepat di bawah satu manajemen.
Perkembangan lainnya di bawah grup portal, MNCN telah menyelesaikan pembangunan pusat pengembangan AI di New Delhi, India untuk mendukung inovasi produk berbasis digital, khususnya untuk mendukung pengembangan RCTI+ dan mewujudkan rencana Perseroan untuk membangun personalized news berbasis AI, yang diharapkan dapat menjadi game changer di industri portal online.
Baca Juga: Lonjakan kasus Covid-19 memengaruhi belanja iklan, sebagian saham emiten media turun
RCTI+
Pertumbuhan pesat RCTI+ di tahun 2021 dikontribusikan oleh lima kategori konten utama, yaitu Video, Audio, News, UGC Competition, dan Games. Super-app tersebut hingga saat ini sudah terdapat 39 juta MAU, di mana 1 juta lagi dapat melampaui target yang ditetapkan pada akhir tahun 2020.
Sejalan dengan kinerja program perseroan, daya tarik untuk konten video RCTI+ tahun ini mengalami peningkatan dan konten ini tersedia secara eksklusif. Adapun MNCN mencatat pendapatan digital meningkat 117% yoy di semester I 2021 menjadi Rp 889 miliar, hal ini terutama didorong oleh kinerja RCTI+.
Baca Juga: Saham Media Tertekan Dampak Pandemi
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News