kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cermati Saham Pilihan Analis IPOT Untuk Trading Pekan Ini


Selasa, 13 Februari 2024 / 05:50 WIB
Cermati Saham Pilihan Analis IPOT Untuk Trading Pekan Ini
ILUSTRASI. Investor mengabadikan pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta (22/12). Cermati Saham Pilihan Analis IPOT Untuk Trading Pekan Ini.


Reporter: Aulia Ivanka Rahmana | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada pekan lalu yang ditutup pada Rabu (7/2),  melemah 12,25 poin atau 0,17% ke 7.235,15 pada akhir perdagangan Rabu (7/2).

Equity Analyst PT Indo Premier Sekuritas (IPOT) Dimas Krisna Ramadhani menilai, saat ini IHSG sedang konsolidasi dengan rentang support 7.200 dan resistance 7.280.

IHSG pekan lalu yang hanya berlangsung tiga hari perdagangan dan tertopang oleh dua top gainers yaitu IDX Properti dan IDX Finance.

Ia menjelaskan IDX Property naik 0,7% dalam seminggu terakhir yang disebabkan kenaikan saham PT Ciputra Development Tbk (CTRA) sebesar 4,21% dalam seminggu terakhir dipicu oleh pencapaian rekor dengan meraih marketing sales untuk tahun 2023 sebesar Rp 10,2 triliun, melampaui target sebelumnya sebesar Rp 9,8 triliun.

Baca Juga: Simak Rekomendasi Saham Beli dari IPOT Untuk Pekan Ini

Sementara itu, IDX Finance dalam sepekan terakhir naik sebesar 0,62% yang disebabkan kenaikan saham BMRI sebesar 3,76% dalam seminggu terakhir setelah menyampaikan laporan kinerjanya untuk tahun 2023 dan mencatatkan kenaikan laba sebesar 33,7% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Kendati demikian, laju IHSG tersandera 2 top losers yakni IDX Basic Materials dan IDX Techno sehingga ditutup melemah.

Ia menjelaskan sektor IDX Basic Materials melemah -3,30% selama seminggu yang disebabkan oleh pelemahan saham ANTM yang mengalami penurunan sebesar -7,6% dalam seminggu terakhir. 

"Pelemahan terjadi seiring dengan harga komoditas nikel yang terus turun dalam setahun terakhir," kata Dimas dalam keterangan resminya, Minggu (11/2).

Sementara itu, IDX Techno menurun sebesar -2,3% dalam sepekan terakhir yang disebabkan oleh penurunan saham GOTO yang turun sebesar -6,5% dalam seminggu, setelah sentimen rampungnya proses transaksi pembelian Tokopedia oleh TikTok.

Baca Juga: Cermati Saham Rekomendasi IPOT untuk Trading Pekan Ini

Dimas menegaskan bahwa terdapat tiga sentimen yang bisa diperhatikan oleh parah trader, yaitu Pemilu, inflasi inti tahunan AS, dan rilisnya laporan keuangan tahun 2023.

Menurutnya, hasil dari Pemilu ini akan berpengaruh terhadap pergerakan pasar saham, jika pemilu berjalan dengan aman dan kondusif maka akan berpengaruh positif terhadap IHSG.




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×