kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45725,83   16,46   2.32%
  • EMAS914.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Centratama (CENT) kucurkan dana Rp 1,62 triliun untuk akuisisi 1.054 menara XL Axiata


Selasa, 11 Februari 2020 / 11:37 WIB
Centratama (CENT) kucurkan dana Rp 1,62 triliun untuk akuisisi 1.054 menara XL Axiata
ILUSTRASI. Dian Siswarini, Dirut PT XL Axiata Tbk (kiri) dan Yan Raymond Jafri, Dirut PT Centratama Menara Indonesia.

Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Herlina Kartika

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk (CENT) melalui anak usahanya Centratama Menara Indonesia (CMI) berhasil memenangkan tender akuisisi sebanyak 1.054 menara XL Axiata Tbk (EXCL). 

Wiwik Septriandewi, Corporate Secretary PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk mengatakan, nilai transaksi untuk membeli 1.054 menara ini sebesar Rp 1,62 triliun.

Wiwik bilang, perusahaan menargetkan bakal menyelesaikan proses transaksi sebelum akhir tahun 2020, sejalan dengan dipenuhinya syarat-syarat pendahuluan yang disepakati.

Baca Juga: Centratama Telekomunikasi (CENT) bakal beli 1.054 menara XL Axiata

Pertama, XL Axiata memastikan ditandatanganinya perjanjian induk sewa-menyewa menara pengguna baru, perjanjian sewa-menyewa properti, dan perjanjian novasi sehubungan dengan aset menara yang akan dialihkan dari XL Axiata ke CMI.

“XL Axiata telah menyampaikan kepada CMI surat pernyataan penyelesaian yang mengkonfirmasi pernyataan dan jaminannya dan mengkonfirmasi pelaksanaan seluruh perjanjian dan janji yang harus dilaksanakan olehnya,” katanya, Selasa (11/2).

Kemudian, XL Axiata juga bakal menyewa kembali menara-menara tersebut selama 10 tahun dari CMI. 

Dalam catatan Kontan.co.id, CENT menganggarkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sekitar Rp 2,7 triliun pada 2020. Capex tersebut akan digunakan untuk ekspansi organik maupun akuisisi menara XL Axiata demi mencapai target pertumbuhan tenancy sebesar 60%.

Adapun, menara-menara yang diakuisisi tersebut berpotensi memberikan kontribusi tambahan pendapatan tahunan sebesar Rp 215 miliar. Hal ini dengan memperhitungkan penyewaan kembali yang akan dilakukan EXCL untuk penempatan perangkatnya.

Baca Juga: Ini dua pemenang tender menara milik XL Axiata (EXCL)

Melalui akuisisi menara ini, CENT juga dapat memperoleh manfaat dari economies of scale yang dicapai serta positioning yang lebih baik sebagai mitra penyedia infrastruktur bagi seluruh operator telekomunikasi di Tanah Air.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×