kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat Jadwal IPO Barito Renewables (BREN) Milik Taipan Prajogo Pangestu


Jumat, 15 September 2023 / 21:28 WIB
Catat Jadwal IPO Barito Renewables (BREN) Milik Taipan Prajogo Pangestu
ILUSTRASI. Pekerja melakukan pemeriksaan rutin jaringan instalasi pipa di wilayah pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) Salak yang berkapasitas 377 megawatt (MW) milik Star Energy Geothermal di Sukabumi, Jawa Barat (4/4).


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Perusahaan Grup Barito yang bergerak di bidang energi baru terbarukan (EBT) yakni PT Barito Renewables Energy Tbk berencana melakukan initial pubic offering (IPO). Perusahaan ini nantinya akan menggunakan kode saham (ticker) BREN.

Barito Renewables Energy merupakan anak usaha dari PT Barito Pacific Tbk (BRPT), yang merupakan emiten terafiliasi dengan taipan Prajogo Pangestu.

BRPT tercatat mengempit 86,51 miliar saham BREN atau setara 66,67%. Setelah IPO, persentase kepemilikan BRPT di BREN akan menurun menjadi 64,43% dengan jumlah kepemilikan saham tetap 86,51 miliar .

Sedangkan sebanyak 71,7% saham BRPT atau sebanyak 66,72 miliar saham BRPT dikuasai oleh Prajogo Pangestu.

Baca Juga: Kata Analis Terkait IPO Barito Renewables Energy (BREN)

Dalam prospektus ringkas yang diterbitkan di Harian Kontan, Jumat (15/9), Perusahaan yang menggunakan kode saham BREN ini melepas sebanyak-banyaknya Rp 4,5 miliar saham atau setara 3,35% dari modal disetor dan ditempatkan setelah IPO.

Harga yang ditawarkan dalam penawaran umum perdana saham ini di rentang Rp 670 sampai Rp 780 per saham. Dus, Barito Renewables Energy berpotensi meraup dana sebanyak-banyaknya Rp 3,51 triliun.

Seluruh dana yang diperoleh dari penawaran umum perdana saham seluruhnya akan digunakan oleh BREN untuk penyetoran modal kepada STAR melalui pengambilan bagian atas saham baru yang akan diterbitkan oleh Star Energy Group Holdings (STAR).

Seluruh dana yang telah masuk sebagai setoran modal dari BREN tersebut akan digunakan oleh STAR untuk dua keperluan.

Baca Juga: Melirik Peluang IPO Barito Renewables (BREN), Bisa Sesukses IPO Petrindo (CUAN)?

Pertama, membayar sebagian utang fasilitas B kepada Bangkok Bank Public Company Limited (Bangkok Bank) sebanyak-banyaknya sebesar US$ 158,58 juta. 

Kedua, memenuhi kewajiban pembayaran kepada Star Energy Oil and Gas Pte. Ltd. dan BREN sebagai pelaksanaan dari perjanjian penunjukan dan penggantian biaya yang telah ditandatangani oleh BREN, Star Energy Group Holdings dan Star Energy Oil and Gas tertanggal 3 Juli 2023  dan Surat BREN tertanggal 25 Agustus 2023, perihal penunjukan Star Energy Group Holdings sebagai pemegang saham ACEHI Netherlands B.V.

Adapun rincian kewajiban pembayaran berdasarkan perjanjian penunjukan dan penggantian biaya yakni kewajiban pembayaran kepada Star Energy Oil and Gas sebanyak-banyaknya sebesar US$ 66,5 juta.  Kemudian, kewajiban pengembalian uang muka kepada  BREN sebesar US$ 6 juta.

Baca Juga: Bidik Rp 3,51 Triliun, Intip Penggunaan Dana IPO Barito Renewables (BREN)

Dana yang diperoleh BREN dari pemenuhan kewajiban oleh Star Energy Group Holdings akan digunakan oleh BREN untuk modal kerja termasuk namun tidak terbatas untuk pembayaran gaji, biaya jasa profesional dan biaya sewa.

Bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek yakni BNI Sekuritas. Sementara penjamin emisi efek akan diumumkan kemudian.

Baca Juga: IPO Barito Renewables (BREN) Hanya Lepas 3,35% Saham, Ini Kata BEI

Berikut merupakan jadwal penawaran umum perdanan saham BREN:

  • Masa Penawaran Awal : 18 – 25 September 2023
  • Tanggal Efektif : 27 September 2023
  • Masa Penawaran Umum Perdana Saham : 2 – 4 Oktober 2023
  • Tanggal Penjatahan : 4 Oktober 2023
  • Tanggal Distribusi Saham Secara Elektronik : 5 Oktober 2023
  • Tanggal Pencatatan Saham Pada Bursa Efek Indonesia : 6 Oktober 2023 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×