kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,59   -6,37   -0.64%
  • EMAS998.000 -0,60%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Catat! Emiten-Emiten Ini Berpotensi Besar Bagi Dividen Interim


Minggu, 02 Oktober 2022 / 15:33 WIB
Catat! Emiten-Emiten Ini Berpotensi Besar Bagi Dividen Interim
ILUSTRASI. Pertambangan b a t u b a r a PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG). Catat! Emiten-Emiten Ini Berpotensi Besar Bagi Dividen Interim.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Pembagian dividen interim menjadi salah satu momentum yang ditunggu para pelaku pasar. Emiten biasanya akan membagikan dividen interim pada kuartal akhir sebelum tutup buku tahun berjalan.

Emiten yang terpantau rajin membagikan dividen interim adalah emiten sektor pertambangan batubara.

Sejumlah emiten di sektor ini tercatat telah membagikan dividen interim kepada pemegang sahamnya, sebut saja PT Baramulti Suksessarana Tbk (BSSR), PT Mitrabara Adiperdana Tbk (MBAP), dan PT Indika Energy Tbk (INDY).

Terbaru ada pembagian dividen interim dari PT United Tractors Tbk (UNTR) dan PT Dana Brata Luhur Tbk (TEBE) yang sama-sama berkecimpung di dunia tambang batubara.

Baca Juga: Per Agustus 2022, Realisasi PNBP Sudah Capai 80,1% dari Target

Analis Panin Sekuritas Felix Darmawan menilai, naiknya pendapatan emiten berbasis batubara di tahun ini menjadi pendorong utama untuk memberikan bagi hasil kepada pemegang saham dalam bentuk dividen, khususnya dividen interim.

Menurut Felix, emiten batubara kelas kakap seperti PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) dan juga PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) sangat memungkinkan untuk membagikan dividen interim.

“Karena bisnis utama mereka juga masih sangat baik seiring dengan solidnya harga batubara di sepanjang tahun ini. Namun memang kita perlu menanti bagaimana keputusan final dari manajemen emiten-emiten tersebut,” terang Felix kepada Kontan.co.id, Jumat (30/9).

 

 

Tahun lalu, ADRO tercatat membagikan dividen interim untuk tahun buku 2021 senilai US$ 350 juta. Sementara ITMG tercatat membagikan dividen interim sebesar US$ 94,1 juta di tahun yang sama.

Analis BRI Danareksa Sekuritas Hasan Barakwan memperkirakan, ITMG akan mempertahankan kemurahhatian dalam kebijakan pembayaran dividen. Hasan mengasumsikan, rasio pembayaran dividen ITMG tidak berubah, yakni pada tingkat 70%.

Baca Juga: Menebak Arah Pergerakan IHSG Jelang FOMC dan RDG BI September 2022

Dengan demikian, Hasan berekspektasi ITMG membagikan dividen sebesar US$ 781 juta, yang akan dibayarkan dalam dua tahap. BRI Danareksa Sekuritas memperkirakan dividen interim tahun ini sebesar US$ 221 juta, dengan sisa dividen sebesar US$ 560 juta akan dibagikan pada kuartal pertama 2023.

Dalam pandangan Hasan, ITMG dapat memenuhi target produksinya. Hal ini karena produksi batubara ITMG pada kuartal kedua 2022 mampu mencapai 3,9 juta ton, atau di atas target yang dipasang manajemen, yakni sebesar 3,8 juta ton.

Dus, ITMG dinilai dapat mencapai target produksi 2022 yang dipasang BRI Danareksa Sekuritas, yakni sebesar 18 juta ton.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×