kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Kelola Keuangan Keluarga Dengan Buka Tabungan Bersama Pasangan


Senin, 12 Desember 2022 / 11:00 WIB
Cara Kelola Keuangan Keluarga Dengan Buka Tabungan Bersama Pasangan


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Mengatur keuangan keluarga idealnya dibicarakan bersama antara pasangan suami istri. Keterbukaan menjadi hal yang penting, mulai dari mengungkapkan jumlah penghasilan, merencanakan anggaran, hingga menentukan tujuan keuangan yang ingin dicapai.

Pasangan suami istri dapat buka tabungan bersama untuk mengelola pos pengeluaran dan tabungan. Misalnya, rekening khusus untuk pengeluaran rutin bulanan, dana darurat, dan investasi.

Sebelum buka tabungan, suami istri bisa membuat kesepakatan siapa yang menjadi penabung untuk rekening tersebut dan berapa persentase penghasilan yang disetorkan, khususnya jika keduanya sama-sama bekerja. Contohnya, suami yang penghasilannya lebih besar akan menyetor 80% penghasilan untuk rekening pengeluaran bulanan, sedangkan istri menyetor 40% penghasilan untuk tabungan dana darurat dan 40% penghasilan untuk tabungan investasi.

Kelebihan buka tabungan bersama suami istri, pasangan bisa sama-sama ikut terlibat dalam memonitor keuangan keluarga. Penggunaan uang dalam rekening harus mendapat persetujuan kedua belah pihak sehingga tidak digunakan untuk keperluan lain. Di sisi lain, jika terjadi musibah pada pasangan, suami atau istri tidak kesulitan mengakses rekening untuk kebutuhan rutin atau dana darurat.

Baca Juga: Wujudkan Resolusi Finansial 2023 dengan Buka Tabungan Akhir Tahun

Buka tabungan bebas biaya

Bagi Anda dan pasangan yang sedang berencana buka tabungan bersama, J Trust Bank menyediakan sejumlah produk tabungan dengan berbagai manfaat dan promo menarik. Tabungan Tora, misalnya. Tabungan Tora membebaskan biaya admin bulanan termasuk biaya kartu ATM. Tabungan akan berkembang optimal, apalagi Tabungan Tora memberikan suku bunga yang kompetitif, yaitu hingga 3% per tahun.

Selanjutnya, Tabungan Tora memberikan fasilitas internet dan mobile banking. Menariknya lagi, nasabah bisa menikmati bebas biaya transfer antarbank, SKN, dan RTGS yang dilakukan secara online masing-masing 10 kali per bulan.

Kartu ATM Tabungan Tora didesain unik dengan karakter maskot J Trust Bank yang menggemaskan. Selain di ATM J Trust Bank, nasabah juga bisa bertransaksi di ATM Bersama dan Prima. Tersedia fasilitas bebas biaya tarik tunai di ATM Bersama dan Prima sebanyak empat kali per hari.

Nasabah hanya cukup menyetor saldo awal minimum Rp500.000 untuk buka Tabungan Tora. Jika saldo tabungan di bawah Rp100.000, nasabah pun tidak dikenakan denda.

Selain Tabungan Tora, Anda dapat memilih Tabungan J Trust. Tabungan J Trust dapat dimiliki oleh nasabah individu maupun non-perorangan. Setoran awal minimum hanya Rp150.000 dan saldo minimumnya Rp100.000.

Nasabah Tabungan J Trust juga mendapat fasilitas gratis biaya admin kartu ATM. Kartu ATM Tabungan J Trust bisa digunakan pada jaringan ATM J Trust Bank, ATM Bersama, Prima dan jaringan lainnya yang bekerja sama dengan J Trust Bank. Jadi, akan lebih mudah jika Anda butuh tarik tunai atau bertransaksi lewat ATM.

Buka tabungan berhadiah alkes

Selama bulan Desember ini, nasabah yang buka Tabungan Tora dan J Trust berkesempatan mengikuti promo hadiah langsung alat kesehatan (alat kesehatan) seperti oximeter, thermo gun, dan smartwatch. Persyaratannya, nasabah menyetor sejumlah dana tertentu dan bersedia tidak menariknya (hold) selama beberapa waktu. Jika nasabah menarik dana sebelum batas waktu yang ditentukan, akan dikenakan denda.

Ilustrasi dan detail program hadiah dapat dilihat dalam tabel berikut.

Tabungan

Penempatan (Rp)

Suku bunga (per tahun)

Periode hold dana

Jenis hadiah

Denda break (Rp)

Tabungan Tora

Tabungan J Trust

Tabungan Tora

Tabungan J Trust

Tabungan Tora

Tabungan J Trust

  5.000.000

10.000.000

  7.500.000

15.000.000

  7.500.000

15.000.000

0,5%

0,5%

0,5%

0,5%

0,5%

0,5%

8 bulan

4 bulan

12 bulan

6 bulan

9 bulan

5 bulan

Oximeter

Oximeter

Smartwatch

Smartwatch

Thermo gun

Thermo gun

164.000

164.000

397.000

397.000

300.000

300.000


Hadiah alat kesehatan ini akan bermanfaat bagi keluarga, terlebih di tengah situasi pandemi COVID-19 yang masih belum berakhir. Dengan buka tabungan di J Trust Bank, Anda bisa lebih efisien mengelola keuangan keluarga bersama pasangan sekaligus mendapatkan benefit yang menarik ini.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi kantor cabang J Trust Bank terdekat, hubungi Ask J 1500 615 atau mengakses www.jtrustbank.co.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×