kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,74   -6,61   -0.71%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Buyback saham, Medco Energi (MEDC) siapkan dana Rp 130,50 miliar


Selasa, 24 Agustus 2021 / 14:16 WIB
Buyback saham, Medco Energi (MEDC) siapkan dana Rp 130,50 miliar
ILUSTRASI. Buyback saham Medco Energi (MEDC) akan berlangsung dalam jangka waktu paling lama 18 bulan.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) berencana untuk membeli kembali (buyback) saham. Emiten yang bergerak di bidang tambang minyak dan gas (migas) ini menggelontorkan biaya sebesar Rp 130,5 miliar atau setara US$ 9 juta, dengan asumsi bahwa  US$ 1 adalah setara dengan Rp 14.500. Dana tersebut termasuk biaya transaksi, biaya pedagang perantara, dan biaya lainnya sehubungan dengan transaksi pembelian kembali saham.

Dalam keterangan di laman Bursa Efek Indonesia, Selasa (24/8), perkiraan jumlah saham yang akan dibeli kembali oleh MEDC adalah 190 juta saham atau 0,8% dari modal ditempatkan dan disetor. Jumlah saham yang dibeli kembali tidak akan melebihi 10% saham (termasuk saham treasuri) MEDC saat ini.

Manajemen menyebut, program buyback ini sebagai bagian dari kelanjutan program kepemilikan saham karyawan dan manajemen (ESOP dan MSOP) saat ini. Sesuai dengan ketentuan peraturan pasar modal yang berlaku, Perseroan dapat mengalihkan saham yang diperoleh kembali dari pembelian kembali saham untuk pelaksanaan program kepemilikan saham karyawan dan manajemen.

Baca Juga: Medco Energi beli pembangkit batubara Paiton dari TOBA

Buyback akan berlangsung dalam jangka waktu paling lama 18 bulan terhitung sejak tanggal 26 Agustus 2021 sampai dengan 26 Februari 2023. Buyback akan dilakukan dengan harga yang lebih rendah atau sama dengan harga transaksi yang terjadi sebelumnya sesuai ketentuan sebagaimana diatur dalam POJK No. 30.  

Emiten yang dinakhodai Hilmi Panigoro ini telah menunjuk  BRIDanareksa Sekuritas untuk melakukan pembelian kembali saham perusahaan.

Namun, MEDC dapat menghentikan pembelian kembali saham setiap waktu sebelum berakhirnya jangka waktu 18 bulan apabila terdapat sejumlah kondisi berikut. Pertama, jumlah saham yang akan dibeli kembali sudah mencapai 0,8% saham MEDC.

Baca Juga: Medco (MEDC) dikabarkan incar hak partisipasi Blok Corridor milik ConocoPhillips

Kedua, dana yang dikeluarkan oleh MEDC sudah mencapai Rp 130,50 miliar. Ketiga, penghentian dianggap perlu oleh manajemen Medco. Dalam hal tersebut, MEDC akan mengumumkan kepada masyarakat atas penghentian pembelian kembali saham.

MEDC memperkirakan tidak ada efek terhadap penurunan pendapatan atas pelaksanaan buyback saham ini. Hal tersebut karena buyback baru akan dilaksanakan di masa yang akan datang dan harga pembelian kembali berdasarkan pada harga transaksi yang terjadi sebelumnya.

Untuk melancarkan aksi korporasi ini, MEDC akan menggelar rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) pada Kamis (26/8). 

Baca Juga: Medco Energi (MEDC) akan rilis obligasi Rp 1 triliun, ini rencana ke depannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×