kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bursa saham New York tergelincir oleh kekhawatiran perang dagang lagi


Kamis, 12 Juli 2018 / 06:51 WIB
Bursa saham New York tergelincir oleh kekhawatiran perang dagang lagi
ILUSTRASI. Bursa AS


Sumber: Reuters | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Saham AS jatuh pada hari Rabu (11/7), menghentikan kenaikan beruntun empat sesi. Bursa saham merasa terancam Washington yang hendak mengenakan tarif pada barang-barang China senilai US$ 200 miliar. Penurunan tajam harga minyak memukul saham energi.

China menanggapi ancaman Presiden AS Donald Trump dengan menuduh Amerika Serikat melakukan intimidasi dan memperingatkan bahwa itu akan memukul balik. Boeing, 3M, dan Caterpillar, yang menjadi sebagian saham yang paling terpukul oleh perselisihan perdagangan baru-baru ini.

Saham material turun 1,7% merupakan pengaruh negatif besar lain di pasar. Freeport-McMoRan turun 3,9% karena harga tembaga mencapai titik terendah dalam sekitar satu tahun.

Investor mengatakan kekhawatiran perang perdagangan mungkin tergelincir ke latar belakang karena investor mulai fokus lebih dekat pada pendapatan kuartal kedua selama beberapa minggu mendatang. Kinerja JPMorgan Chase dan bank-bank besar lainnya akan dirilis Jumat. 

"Situasi perdagangan mengkhawatirkan tetapi tidak ada lagi yang akan terjadi segera. Cerita ini mungkin surut dalam kesadaran orang-orang. Sementara cerita saat ini yang menarik minat orang terutama soal pendapatan perusahaan," kata John Carey, manajer portofolio di Amundi Pioneer Asset Management di Boston.

"Orang-orang berharap penghasilan yang lumayan kuat, dan pasti ada potensi kekecewaan." Analis memperkirakan pendapatan perusahaan S&P 500 tumbuh sekitar 21% pada kuartal kedua dari tahun sebelumnya, menurut data Thomson Reuters.

Indeks energi S&P 500 turun 2,2%, memimpin penurunan sektor. Minyak mentah AS berjangka turun 5% akibat eskalasi sengketa perdagangan dan karena ekspektasi pasokan yang meningkat pada berita bahwa Libya akan membuka kembali pelabuhannya.

Dow Jones Industrial Average turun 219,21 poin (0,88%) menjadi 24.700,45. Indeks S&P 500 kehilangan 19,82 poin (0,71%) menjadi 2.774,02. Adapun Nasdaq Composite turun 42,59 poin (0,55%) menjadi 7.716,61.

Saham-saham produsen chip, yang sebagian besar bergantung pada China untuk pendapatan mereka, jatuh, dengan indeks semikonduktor Philadelphia turun 2,6%.

Penurunan pasar tidak setajam apa yang terlihat pada akhir Maret dan awal April ketika retorika perdagangan yang meningkat antara Cina dan Amerika Serikat menyebabkan S&P jatuh lebih dari 2% pada empat kesempatan.

Penurunan pasar mungkin terkandung sebagian oleh spekulasi administrasi Trump bisa berubah pikiran pada akhir Agustus, ketika tarif tersebut mulai berlaku, beberapa ahli strategi mengatakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×