kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bursa Asia Bergumul Dengan Kekhawatiran Inflasi dan Suku Bunga


Senin, 23 Mei 2022 / 08:01 WIB
Bursa Asia Bergumul Dengan Kekhawatiran Inflasi dan Suku Bunga
ILUSTRASI. Saham Asia menghadapi awal yang tidak pasti pada hari Senin (23/5) karena kekhawatiran inflasi yang terus-menerus.


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saham Asia menghadapi awal yang tidak pasti pada hari Senin (23/5) karena kekhawatiran inflasi yang terus-menerus. Prospek kenaikan suku bunga turut menghambat prospek ekonomi global yang tetap terperosok dalam sentimen negatif.

Indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang naik 0,04%, setelah Wall Street mengakhiri perdagangan pekan lalu dengan kenaikan tipis. MSCI Asia Pacific ex-Japan turun 3,6% sejak awal Mei.

Pada awal perdagangan, saham Australia naik 0,2% sementara indeks saham Nikkei Jepang naik 0,85%.

Yield US Treasury acuan tenor 10-tahun pagi ini naik menjadi 2,81% dari penutupan Jumat lalu pada 2,78%.

Baca Juga: Harga Emas Melemah Tipis Setelah Pekan Lalu Rebound Tipis

Imbal hasil surat utang negara Amerika Serikat (AS) tenor dua tahun, yang naik dengan ekspektasi pedagang dari suku bunga dana Fed yang lebih tinggi, menyentuh 2,59%, naik dari 2,58%.

Pada Jumat lalu, indeks S&P hanya naik 0,01%. Nasdaq Composite turun 0,30% sementara Dow Jones Industrial Average naik 0,03%.

Terlepas dari kenaikan tipis, S&P 500 dan Nasdaq mencatat penurunan ketujuh minggu berturut-turut. Ini adalah penurunan beruntun terpanjang sejak akhir gelembung dotcom pada tahun 2001.

Dow Jones mencatat penurunan mingguan kedelapan berturut-turut, terpanjang sejak 1932 selama Depresi Hebat.

Baca Juga: Harga Minyak WTI Bertahan di Atas US$ 110 Setelah Naik 4 Pekan

Tekanan inflasi tetap menjadi perhatian utama bagi investor. Angka inflasi grosir Jerman yang diterbitkan pada hari Jumat menunjukkan lonjakan yang lebih tinggi daripada perkiraan yang mengindikasikan harga akan tetap tinggi dalam jangka pendek di masa depan.

Indeks harga produsen Jerman untuk April naik 2,8%. Ini berarti pertumbuhan tahunan tetap tinggi 33,5%.

Di Australia, Partai Buruh mengakhiri pemerintahan konservatif hampir 10 tahun pada pemilihan umum pada akhir pekan

Sementara Partai Buruh telah menjanjikan iklim, perumahan dan reformasi kesejahteraan sosial yang ditingkatkan, para analis tidak percaya bahwa perubahan dalam pemerintahan akan menimbulkan implikasi besar bagi perekonomian negara.

"Dalam pandangan kami, ada sedikit usulan dari pemerintah yang akan datang selama kampanye pemilihan bahwa pada tahap ini mengharuskan kami untuk meninjau kembali perkiraan ekonomi kami," tulis ekonom CBA seperti dikutip Reuters.

Baca Juga: Berikut Rekomendasi Saham dari Samuel Sekurits untuk Senin (23/5)

Pada awal perdagangan Asia, dolar naik 0,04% terhadap yen menjadi 127,9. Masih jauh dari level tertinggi tahun ini 131,34 pada 9 Mei 2022.

Minyak mentah WTI AS turun 0,04% menjadi US$ 110,24 per barel. Minyak mentah Brent naik 0,23% menjadi US$ 112,68 per barel.

Kekhawatiran atas pertumbuhan ekonomi global telah mendorong dukungan baru untuk emas. Harga emas spot naik 0,3% pada Senin pagi di level US$ 1.847 per ons troi.

"Harga emas mengalami kenaikan mingguan pertama sejak pertengahan April karena permintaan safe haven didorong oleh kekhawatiran atas pertumbuhan ekonomi di tengah inflasi yang tinggi," kata analis ANZ dalam sebuah catatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×