kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,71   -11,32   -1.32%
  • EMAS943.000 -0,32%
  • RD.SAHAM -0.29%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

BUMN Karya dengan utang paling kecil, Adhi Karya (ADHI) tidak merestukturisasi utang


Selasa, 08 Juni 2021 / 16:00 WIB
BUMN Karya dengan utang paling kecil, Adhi Karya (ADHI) tidak merestukturisasi utang
ILUSTRASI. Total utang ADHI kepada perbankan antara lain utang bank dan lembaga keuangan jangka pendek sebesar Rp 4,39 triliun.

Reporter: Benedicta Prima | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Per akhir kuartal pertama 2021, PT Adhi Karya Tbk (ADHI) memiliki total utang bank baik jangka panjang maupun pendek sebesar Rp 5,6 triliun. Dengan jumlah yang terbilang kecil dibanding konstruksi pelat merah lainnya, ADHI tidak dalam proses restrukturisasi utang. 

"Saat ini ADHI tidak dalam proses restrukturisasi utang dan tidak ada utang obligasi yang jatuh tempo pada tahun ini," kata Sekretaris Perusahaan Adhi Karya Farid Budiyanto kepada Kontan.co.id, Selasa (8/6). 

Bila dirinci, total utang ADHI kepada perbankan antara lain utang bank dan lembaga keuangan lainnya jangka pendek sebesar Rp 4,39 triliun, utang bank dan lembaga keuangan lainnya jangka panjang yang jatuh tempo dalam setahun Rp 351,52 miliar. Kemudian utang bank dan lembaga keuangan lainnya jangka panjang tercatat sebesar Rp 857,62 miliar. 

Baca Juga: Ini pengalihan lalu lintas jelang pembangunan stasiun MRT Monas dan Thamrin

Di tengah kondisi pandemi yang berlanjut sejak 2020, ADHI optimistis debt to equity ratio (DER) tahun 2021 ini akan sama dibanding tahun lalu. Di akhir tahun lalu, DER ADHI berkisar pada level 1,8 kali hingga 1,9 kali. 

Adapun strategi ADHI untuk terus menjaga likuiditas adalah dengan mengawal percepatan pembayaran dari dua proyek besar yang sedang dikerjakan yaitu LRT Jabodebek dan Tol Aceh-Sigli. "Serta penguatan tim monitoring piutang," imbuh Farid. 

Baca Juga: Adhi Karya (ADHI) Membidik Rp 24 Triliun Sepanjang Tahun 2021

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×