kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bumi Serpong Damai (BSDE) bukukan pra penjualan tertinggi, ini rekomendasi analis


Senin, 14 Desember 2020 / 20:55 WIB
Bumi Serpong Damai (BSDE) bukukan pra penjualan tertinggi, ini rekomendasi analis
ILUSTRASI. Pembangunan perumahan di BSD City, Tangerang Selatan, Rabu (5/2).


Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kebutuhan rumah pertama tetap tinggi dan menyokong penjualan PT Bumi Serpong Damai (BSDE). Meski pandemi belum reda, BSDE juga mulai gencar meluncurkan produk baru di akhir tahun ini.

Analis memproyeksikan tren penurunan suku bunga rendah akan mendukung pemulihan kinerja BSDE di tahun depan.

Pandemi yang membuat ekonomi tertekan memang berdampak negatif bagi kinerja BSDE. Hingga kuartal III-2020 pendapatan BSDE menurun 18,16% secara tahunan menjadi Rp 4,28 triliun.

Laba bersih emiten properti Grup Sinarmas ini juga merosot 79,76% menjadi Rp 469,56 miliar.

Baca Juga: BEI luncurkan indeks ESG Leaders, ini daftar sahamnya

Meski kinerja tidak luput dari penurunan, BSDE tetap berhasil catatkan pra penjualan yang lebih tinggi dari kompetitornya. Dalam sembilan bulan di tahun ini, BSDE melaporkan pra-penjualan sebesar Rp 4,71 miliar.

Angka tersebut memang menurun 11% secara tahunan. Namun, Joey Faustian Analis Sucor Sekuritas mengatakan dalam risetnya perolehan pra-penjualan BSDE di kuartal III-2020 justru jadi yang paling tinggi diantara kompetitornya. 

Bahkan, secara kuartalan pra penjualan BSDE naik 63%, karena didukung oleh enam peluncuran produk baru.

Christopher Andre Benas Analis RHB Sekuritas mengamati BSDE berhasil torehkan pra-penjualan tertinggi karena produk mixed use BSDE seperti bangunan yang bisa dijadikan tempat tinggal sekaligus usaha banyak diminati. Apalagi, rumah dengan harga jual Rp 1 miliar-Rp 1,5 miliar banyak diminati oleh pembeli rumah pertama.

Baca Juga: Menguat 1,05%, IHSG tembus level 6.000 pada akhir perdagangan sesi I Senin (14/12)

Tak hanya itu, Andre juga melihat tipe rumah mewah yang BSDE tawarkan juga banyak peminatnya. "Harga tanah yang BSDE tawarkan cukup baik serta kesuksesan dari launching produk sebelumnya juga turut menyokong," kata Andre, Senin (14/12).

Sejak pandemi menyerang, Andre mengamati permintaan properti untuk jenis landed house justru mengalami peningkatan. Hal tersebut didukung oleh fenomena work from home (WFH) yang memungkinan orang untuk bekerja tanpa harus ke kantor bahkan bisa dari rumah saja.

Tren bekerja dari rumah, cafe, atau working space ini Andre proyeksikan akan berlanjut dan menyebabkan orang menyukai tinggal di landed house. Penjualan landed house BSDE pun berpotensi ramai peminat.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×