kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45894,78   -3,24   -0.36%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BUKA Bergerak Naik Sementara GOTO Cenderung Turun, Berikut Prospeknya Menurut Analis


Kamis, 21 April 2022 / 08:50 WIB
BUKA Bergerak Naik Sementara GOTO Cenderung Turun, Berikut Prospeknya Menurut Analis


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saham PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) mencatatkan kenaikan signifikan beberapa hari terakhir. Pada perdagangan Rabu (20/4), BUKA ditutup naik 11,52% ke level Rp 368 per saham, sementara dalam sepekan sudah meningkat 14,29%. Meskipun begitu, harga saham BUKA saat ini masih jauh di bawah harga initial public offering (IPO) yang sebesar Rp 850 per saham.

Sementara itu, saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) cenderung bergerak turun. Pada perdagangan Rabu (20/4), GOTO terkoreksi 5,59% ke harga Rp 338 per saham dan dalam sepekan minus 8,65%. Harga GOTO saat ini sama dengan harga IPO-nya yang sebesar Rp 338 per saham.

Analis Sucor Sekuritas Paulus Jimmy menilai, prospek saham teknologi, seperti BUKA dan GOTO masih menarik, terutama untuk investasi jangka panjang. Pasalnya, kedua emiten ini masih mempunyai potensi pertumbuhan yang tinggi meski sejauh ini belum mencetak keuntungan.

Baca Juga: Sejumlah Indikator Kinerja Bukalapak.com (BUKA) Membaik Sepanjang 2021

Menurut Paulus, bagi pelaku pasar yang belum mempunyai kedua saham ini, maka bisa mengoleksinya. "Namun, lebih baik pegang untuk jangka panjang karena memang GoTo dan Bukalapak belum mencetak profit dan tidak membagikan dividen," kata Paulus saat dihubungi Kontan.co.id, Rabu (20/4).

Lebih lanjut, bagi pelaku pasar yang berorientasi untuk trading, maka harus memperhatikan sentimen penggerak pasar. Paulus menetapkan target harga untuk BUKA di level Rp 830 per saham dan GOTO Rp 436 per saham.

Kemudian, bagi yang sudah mempunyai saham BUKA dengan harga cukup bawah, maka bisa hold untuk jangka panjang. Sementara itu, yang baru masuk BUKA dan berorientasi trading, maka bisa mempertimbangkan ambil keuntungan terlebih dahulu dulu ketika BUKA menunjukkan tanda-tanda koreksi dalam jangka pendek.

Secara teknikal, Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana melihat adanya peluang penguatan pada saham BUKA. Pasalnya, pergerakan BUKA pada Rabu (20/4) disertai dengan tingginya volume pembelian.

Baca Juga: GoTo Mulai Jalankan Greenshoe Saat Harga Jatuh, CGS-CIMB Borong 1,2 Miliar Saham GOTO

"Selama masih terjaga di atas Rp 308 sebagai support, maka kami perkirakan BUKA berpeluang melanjutkan penguatannya untuk menguji Rp 390 sebagai resistance," ucap Herditya. Para pelaku pasar bisa trading buy saham BUKA.

Sementara itu, untuk GOTO, pergerakannya sudah menembus level support di Rp 360. Pelaku pasar dapat waspada terhadap adanya lanjutan koreksi seiring adanya tekanan jual pada Rabu (20/4). Pelaku pasar disarankan wait and see terlebih dahulu untuk GOTO sambil menunggu sinyal reversal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×