kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Blue Bird bakal tambah 200 unit taksi listrik pada tahun ini


Rabu, 19 Februari 2020 / 14:06 WIB
Blue Bird bakal tambah 200 unit taksi listrik pada tahun ini
ILUSTRASI. Taksi listrik milik Blue Bird.


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Blue Bird Tbk (BIRD) telah menyiapkan sejumlah rencana ekspansi pada tahun ini. Direktur PT Blue Bird Tbk Sigit Djokosoetono mengatakan, salah satu rencana BIRD pada tahun 2020 yaitu menambah sekitar 200 unit taksi listrik.

Sayang, terkait rencana ekspansi ini, ia belum dapat menyebutkan total nilai investasinya. “Angkanya masih dalam proses negosiasi harga,” ujarnya pada saat acara Media Gathering di Jakarta, Rabu (19/2).

Yang jelas, BIRD pada tahun ini bakal menambah 200 unit EV taksi. Sementara untuk lini usaha mobil rental, baik rental harian maupun rental kontrak, Sigit mengatakan prospek bisnisnya terbilang baik.

Baca Juga: Pemegang saham pengendali jual 4,32% kepemilikan di Blue Bird (BIRD)

"Kontribusi armada dari sisi pendapatan masih dari sisi taksi tapi dengan adanya penambahan tipe layanan lain dari kegiatan di luar taksi juga terjadi peningkatan yang lebih banyak dari tahun ke tahun. Fokusnya melayani pelanggan kami siapkan dari sisi apa pun, baik bis, taksi, rental. Itu fokus utama kami," ujar Sigit.

Menurutnya, pada awal tahun ini juga mulai banyak korporasi melakukan pengadaan untuk kendaraan operasional. BIRD juga berencana menambah armada rental. Sejauh ini BIRD memiliki 5.000 armada untuk menjalankan bisnis rental kendaraan.

Hanya saja, penambahan armada rental akan mengikuti pertumbuhan permintaan dan berapa banyak kontrak baru yang dapat diraih perusahaan. “Sudah ada beberapa tender yang ada di pipeline kami,” katanya.

Ia belum dapat menyebutkan nilai kontrak yang tengah diburu tersebut, namun biasanya kontrak ini untuk jangka satu tahun hingga empat tahun.

“Untuk persaingan di rental business kami tidak melihat banyak perubahan dalam peta persaingan, dan kami memiliki keunggulan dari sisi pelayanan maupun size armada,” kata Michael.

Baca Juga: Tambah Armada Taksi, Blue Bird Siapkan Belanja Modal Rp 1,5 Triliun

Asal tahu saja, BIRD telah mengoperasikan 29 unit mobil listrik yang terdiri dari 25 unit jenis BYD E6 dan empat unit Tesla X. BIRD juga memiliki 14 charging stations untuk menopang 29 unit mobil listrik tersebut. 

Saat ini area operasi mobil listrik perusahaan meliputi Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×