kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45995,22   -1,54   -0.15%
  • EMAS977.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Biar Berkembang, Pasar Kripto Lokal Harus Serius dalam Menjalankan Proyek Kripto


Jumat, 01 April 2022 / 16:25 WIB
Biar Berkembang, Pasar Kripto Lokal Harus Serius dalam Menjalankan Proyek Kripto
ILUSTRASI. Pasar kripto lokal harus Serius dalam menjalankan proyek kripto bila ingin berkembang.


Reporter: Aris Nurjani | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar kripto tengah naik daun. Perkembangan pasar aset kripto yang pesat membuat peluang industri ini bisa tumbuh dengan cepat dengan bertambahnya jumlah pedagang aset kripto di Tanah Air.

Trader Tokocrypto Afid Sugiono mengatakan, untuk pasar kripto lokal hal yang perlu ditekankan dalam menjalankan project kripto adalah proyek seumur hidup. Sudah pasti developer yang serius, baik itu token kripto artis atau bukan, tentu sudah membuat perencanaan jangka panjang, business plan yang jelas dan roadmap berkelanjutan.

"Developer kripto yang setengah-tengah tentu project-nya tidak berlangsung lama, atau bahkan token yang dikeluarkan tidak memiliki nilai yang signifikan. Kembali lagi ini, tentu akan merugikan investor yang sudah menaruh kepercayaan dan dana mereka," ujar Afid kepada Kontan.co.id.

Baca Juga: Jumlah Pedagang Aset Kripto Terus Bertambah

Afid menganalogikan membangun aset kripto itu seperti mendirikan startup. Aset kripto dibangun dengan tim pengembang yang solid dengan berbagai keahlian di dalamnya.

"Tim pengembang tidak bisa lepas tangan atau menyerah di tengah jalan, lalu membiarkan project-nya terbengkalai. Mereka harus melakukan improve dan berinovasi untuk mengembangkan projectnya," ucap Afid

Sementara, Afid mengatakan, beberapa token memang memiliki roadmap dan utilitas yang jelas dan bahkan sudah berjalan dalam pengembangan ekosistem blockchainnya.

Afid menyampaikan, kelemahan dari proyek-proyek kripto lokal ini, banyak yang belum jelas soal roadmap dan ekosistem yang mereka kerjakan. Aset kripto lokal yang bermunculan akhir-akhir ini selalu mengusung dan 'menjual' pembangunan ekosistem metaverse, NFT marketplace dan game play-to-earn.

Hampir semua token artis menjanjikan proyek metaverse, NFT marketplace, game P2E. Hal ini seperti tidak ada proyek yang lain dan lebih bermanfaat kepada masyarakat secara langsung.

Proyek belum terlihat jelas atau bahkan belum terealisasikan, tetapi sudah melakukan promo dan menarik dana dari masyarkat untuk menjadi investor. Hal ini yang sangat mengkhawatirkan.

Banyak pengembang aset kripto lokal yang memanfaatkan ketidaktahuan masyarakat. Mereka manfaatkan hype kripto saat ini untuk menawarkan proyek prematur dengan menjual token utilitas, demi mendapatkan uang dari investor retail yang polos. Padahal, bisa saja token tersebut hanyalah bukti kepemilikan janji project yang sama sekali belum berwujud.

Afid menyarankan bagi masyarakat yang belum terlalu paham dengan aset kripto, bisa mulai dari menggali informasi dari sumber kredibel terlebih dahulu, bisa dari bergabung di komunitas atau hal lainnya.

"Untuk memulai investasi perlu pertimbangan matang, jangan asal masuk. Bekali dengan ilmu dan mental yang matang. Pelajari risiko dari investasi aset kripto, agar tak mudah ditipu dan dipengaruhi orang lain atau terjebak FOMO," kata Afid.

Baca Juga: Ini Pergerakan Harga Sejumlah Koin Kripto dengan Market Cap Besar di Pekan Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×