kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Bertahan di tengah pandemi corona, emiten ritel perkuat penjualan online


Selasa, 14 Juli 2020 / 20:53 WIB
Bertahan di tengah pandemi corona, emiten ritel perkuat penjualan online
ILUSTRASI. Pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai membuat emiten yang bergerak di sektor ritel mencari cara untuk bertahan. Salah satunya dengan memperkuat penjualan secara daring (online).


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai membuat emiten yang bergerak di sektor ritel mencari cara untuk bertahan. Salah satunya dengan memperkuat penjualan  secara daring (online).

Dalam keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (14/7), Miranti Hadisusilo Corporate Secretary and Legal Director  PT Matahari Departement Store Tbk (LPPF) mengatakan, salah satu cara untuk bertahan di tengah pandemi Covid-19 adalah dengan meluncurkan Matahari Official Shop yang merupakan kolaborasi eksklusif dengan salah satu  perusahaan e-commerce yang memiliki jangkauan pelanggan di seluruh Indonesia.

Selain itu, konstituen Indeks Kompas100 ini juga meningkatkan sumber daya untuk melayani permintaan  di laman Matahari.com yang meningkat.

Baca Juga: Ini strategi MAP Boga Adiperkasa (MAPB) jaga bisnis di 2020

Hal serupa juga dilakukan oleh pesaing LPPF, yakni PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS). Mengutip keterbukaan informasi di laman BEI, untuk mempertahankan kelangsungan usaha di tengah pandemi, RALS mendorong penjualan secara online melalui website, aplikasi pesan singkat Whatsapp, dan partner e-commerce terbesar di Indonesia. RALS juga berfokus pada penjualan supermarket yang melayani kebutuhan sehari-hari masyarakat

Corporate Secretary PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) Helen Tanzil juga mengatakan salah satu strategi yang digunakan ACES untuk mempertahankan kinerja adalah menggenjot penjualan secara daring (online) melalui ACE online atau di Ruparupa.com. “ACES juga memberikan promo gratis ongkos kirim untuk pelanggan yang belanja melalui ACE Online,” ujar Helen kepada Kontan.co.id, Selasa (14/7).

Presiden Direktur CSA Institute Aria Santoso menilai, peningkatan penjualan secara online bisa menjadi strategi khusus bagi para emiten saat ini. Aria mengatakan, ada potensi perbaikan kinerja bagi emiten ritel di tengah pemulihan berbagai bidang bisnis.

Hanya saja, emiten ritel masih menghadapi tantangan secara psikologis karena masyarakat masih dibayangi kekhawatiran akan pandemic Covid-19.

Baca Juga: Mengejar ketertinggalan, Ace Hardware (ACES) menggenjot penjualan offline dan online

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×