kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Belanja masyarakat kelas menengah atas pulih, ini saham rekomendasi analis


Kamis, 26 Agustus 2021 / 11:44 WIB
Belanja masyarakat kelas menengah atas pulih, ini saham rekomendasi analis
ILUSTRASI. Belanja masyarakat kelas menengah atas pulih, ini saham rekomendasi analis


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Pemerintah memutuskan untuk membuka kembali pusat perbelanjaan seiring kasus baru Covid-19 di Indonesia dalam tren menurun. Adapun pusat perbelanjaan di Jakarta telah diizinkan beroperasi dengan menerapkan  protokol kesehatan yang ketat sejak 10 Agustus 2021.

Untuk mengetahui selera belanja masyarakat dari berbagai tingkat pendapatan pasca pembukaan kembali pusat perbelanjaan, Mirae Asset Sekuritas Indonesia melakukan pengecekan lapangan (ground check) pada libur akhir pekan (21 dan 22 Agustus 2021).

Pengecekan ini dilakukan di tiga mal di wilayah Jakarta, yaitu Kota Kasablanka dan Grand Indonesia (sebagai mal dengan segmentasi masyarakat berpenghasilan menengah ke atas) serta Cityplaza Jatinegara mewakili mal dengan segmentasi masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah.

Hasilnya, Analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia, Emma A. Fauni dan Hariyanto Wijaya mengatakan, masyarakat berpenghasilan menengah ke atas secara bertahap telah melakukan pengeluaran/konsumsinya. Hal ini terlihat dari jumlah traffic pengunjung  di Kota Kasablanka dan Grand Indonesia yang telah kembali pulih secara bertahap.

Baca Juga: IHSG melemah pada awal perdagangan Kamis (26/8), asing catat net sell

Peningkatan pengunjung tertinggi terjadi di toko olahraga seperti Sports Station dan Planet Sport, toko elektronik seperti Digimap, iBox, Erafone, dan Samsung,  kedai kopi seperti Starbucks, dan supermarket seperti Foodhall dan Transmart. Sementara itu, traffic pengunjung ke toko perangkat  rumah tangga seperti Ace Hardware masih sangat rendah.

Dus, Mirae Asset menilai, emiten ritel yang kinerja operasi dan keuangannya akan pulih cepat setelah pembukaan kembali pusat perbelanjaan adalah PT Mitra Adiperkasa Tbk  (MAPI) dan PT MAP Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA).

MAPI dan MAPA dinilai atraktif  seiring solidnya proyeksi laba bersih pada kuartal IV-2021. Laba bersih MAPI dan MAPA yang diproyeksi lebih mentereng seiring kedua emiten ini bisa menerima keuntungan dari adanya konsumsi masyarakat berpenghasilan menengah ke atas pada akhir tahun. Hal ini terjadi di tengah terbatasnya perjalanan internasional pada akhir tahun ini.

 

Baca Juga: Minim sentimen, IHSG berpotensi melanjutkan konsolidasi pada Kamis (26/8)

Berbeda 180 derajat, Mirae Asset mencatat jumlah pengunjung ke Cityplaza Jatinegara masih sangat rendah. Selama pengecekan lapangan, memang ada pelanggan yang mampir di restoran namun jumlah pengunjung di toko lain sangat terbatas. Lalu lintas pengunjung ke toko sandang seperti Ramayana Prime masih sangat rendah, baik di bagian pakaian pria maupun wanita. Lalu lintas pengunjung ke gerai Ace Hardware juga sangat sedikit.

“Dari temuan ini dapat disimpulkan bahwa daya beli masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah masih cukup tertekan, yang membuat mereka masih berfokus pada  konsumsi untuk kebutuhan dasar, yakni pangan,” tulis Hariyanto dan Emma dalam riset, Kamis (26/8).

Mirae Asset mempertahankan rekomendasi saham pilihan utama (top picks) bulan ini yang condong ke saham sektor ritel, healthcare, menara, perbankan, dan perkebunan sawit, yaitu saham MAPI, MAPA, PRDA, HEAL, TOWR, BBNI, BTPS, dan LSIP. 

 

Selanjutnya: Sejumlah emiten berencana lakukan buyback saham, ini rekomendasi dari analis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×