kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

BEI terus berupaya mengundang startup unicorn untuk melantai di bursa


Senin, 23 September 2019 / 14:10 WIB
BEI terus berupaya mengundang startup unicorn untuk melantai di bursa
ILUSTRASI. Bursa Efek Indonesia

Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Herlina Kartika

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) terus berupaya mengundang startup unicorn untuk melantai di bursa dengan berbagai upaya. 

Direktur Teknologi Informasi dan Manajemen Risiko Fithri Hadi menjelaskan saat ini untuk BEI sudah mendekati startup unicorn dengan beberapa cara. “Kami berupaya memberikan kelas khusus dan membuat banyak acara untuk menarik minat mereka untuk melantai di bursa,” jelasnya saat ditemui di Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (23/3).

Fithri menyatakan upaya konkret bursa masih sejauh memberikan sosialisasi dan mengundang saja, nanti tinggal menunggu perusahaan tersebut bersedia menjadi perusahaan publik atau tidak.

Baca Juga: Getol bawa anak usaha melantai, Kresna (KREN) butuh dana percepat ekspansi

Sebelumnya saat penyelenggaraan Capital Market Summit & Expo (CMSE) 2019, BEI berupaya mengundang beberapa strartup unicorn seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Gojek untuk mengikuti workshop Go Public eksklusif.

Fithri menjelaskan fungsi startup di Bursa tidak hanya sebagai emiten saja, tapi juga bisa sebagai penunjang perdagangan bursa. Kalau jadi emiten, Fithri menjelaskan Bursa sudah menyiapkan papan akselerasi.

Baca Juga: Minat Startup Melantai di BEI Masih Minim

Kalau startup untuk membantu transaksi perdagangan, sampai saat ini sudah berjalan. Jadi modelnya startup bermitra dengan perusahaan efek. 

Fithri menjelaskan saat ini order beli dan jual sudah menggunakan media elektronik misalnya online trading dan direct market access yang menggunakan terobosan baru bermintra perusahaan efek. Nantinya standard transaksi tetap diatur oleh Bursa. 




TERBARU

Close [X]
×