kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45897,60   4,88   0.55%
  • EMAS1.365.000 -0,22%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BEI Berencana Untuk Meluncurkan Intraday Short Selling, Apa Itu?


Senin, 01 Juli 2024 / 16:03 WIB
BEI Berencana Untuk Meluncurkan Intraday Short Selling, Apa Itu?
ILUSTRASI. Bursa Efek Indonesia (BEI) tengah fokus menggodok peraturan untuk menghidupkan kembali short selling.


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bursa Efek Indonesia (BEI) tengah fokus menggodok peraturan untuk menghidupkan kembali short selling. Ini sejalan dengan dikeluarkannya aturan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) 6 Tahun 2024. 

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa Efek Indonesia Irvan Susandy mengatakan, penerapan short selling dapat meningkatkan likuiditas dan fair price discovery

Short selling juga sebagai bentuk sarana bagi investor untuk dapat memanfaatkan momentum pada saat market dalam kondisi bearish,” kata Irvan belum lama ini. 

Artinya, investor punya pilihan untuk melakukan eksekusi suatu saham sesuai dengan valuasi yang telah dianalisis. Ini bisa membuat pasar lebih bergairah karena pasar tidak satu arah. 

Baca Juga: BEI Targetkan Short Selling Kerek Kenaikan Transaksi Hingga 3%

Nah untuk menjembatani dan mengurangi risiko dari potensi gagal bayar atas short selling, BEI akan memperkenalkan intraday short selling kepada pelaku pasar dan investor.

Secara umum intraday short selling mirip dengan short selling pada umumnya. Namun investor wajib untuk melakukan pembelian atau menutup posisi short di akhir perdagangan.

Firza Rizqi Putra, Kepala Pengembangan Bisnis Bursa Efek Indonesia menambahkan saat ini intraday short selling masih dalam proses pengembangan peraturan bursa dan pengembangan sistem anggota bursa (AB). 

Baca Juga: Bursa Membidik Kenaikan Nilai Transaksi 3% dari Short Selling

Dia menjabarkan ada beberapa tujuan dari pembentukan intraday short selling. Pertama, membuat pelaku pasar dan investor lebih familiar dengan mekanisme short selling. 

Intraday short selling juga bisa mendorong pelaku pasar dan anggota bursa untuk melakukan Stock Borrowing and Lending (SBL) untuk mendukung kegiatan short selling,” kata Firza kepada Kontan.

Selanjutnya: Jadwal Clash of Champions Ruangguru Episode 3, Link Nonton, dan Daftar Pesertany

Menarik Dibaca: Bunga Deposito Seabank bulan Juli 2024, Tertinggi 6,00%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×