CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.470.000   4.000   0,27%
  • USD/IDR 15.946   -52,00   -0,33%
  • IDX 7.161   -53,30   -0,74%
  • KOMPAS100 1.094   -8,21   -0,74%
  • LQ45 872   -4,01   -0,46%
  • ISSI 216   -1,82   -0,84%
  • IDX30 446   -1,75   -0,39%
  • IDXHIDIV20 540   0,36   0,07%
  • IDX80 126   -0,84   -0,67%
  • IDXV30 136   0,20   0,15%
  • IDXQ30 149   -0,29   -0,20%

Beban operasional berat, emiten pelayaran masih catat kinerja ciamik


Rabu, 07 November 2018 / 22:35 WIB
Beban operasional berat, emiten pelayaran masih catat kinerja ciamik
ILUSTRASI. Kapal PT Samudera Indonesia Tbk


Reporter: Willem Kurniawan | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kinerja emiten perkapalan terhalang dengan kenaikan harga minyak. Kenaikan harga minyak yang terjadi hingga akhir kuartal ketiga mengerek beban operasioanal emiten perkapalan.

Tapi, beberapa emiten pelayaran seperti PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM), PT Soechi Lines Tbk (SOCI), PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR), PT Logindo Samudra Makmur Tbk (LEAD), PT Wintermar Offshore Marine Tbk (WINS), dan PT Buana Lintas Lautan Tbk (BULL).

Analis Panin Sekuritas William Hartanto mengatakan, kinerja emiten pelayaran berpotensi lesu akibat perang dagang. “Selain itu harga komoditas juga menunjukkan sinyal akan menurun secara teknikal. Ini akan menjadi penghambat utama bisnis mereka, yang akan berujung pada penurunan kinerja keuangan akhir tahun,” kata William.

Hingga akhir kuartal III-2018, TRAM mencatat pertumbuhan pendapatan sebesar 962% menjadi US$ 173,27 juta pada sembilan bulan pertama 2018 dari US$ 16,13 juta pada periode yang sama pada tahun sebelumnya. TRAM mencatat laba bersih US$ 6,65 juta, membaik ketimbang kuartal ketiga tahun lalu yang merugi US$ 7,81 juta.

LEAD meraup pendapatan US$ 20,22 juta pada sembilan bulan pertama tahun ini, turun tipis 0,39% ketimbang periode yang sama tahun lalu US$ 20,30 juta. Kerugian Logindo pun berkurang hingga 17,12% menjadi US$ 6,63 juta dari tahun lalu sebesar US$ 8 juta..

WINS pun mencatat kinerja yang lebih baik ketimbang tahun lalu. Pada periode Januari-September tahun ini, Wintermar meraup pendapatan US$ 50,11 juta, tumbuh 13,99% ketimbang periode yang sama tahun lalu US$ 43,96 juta. Kerugian emiten pelayaran ini pun turun 23,27% menjadi US$ 7,45 juta ketimbang tahun lalu US$ 9,71 juta.

SOCI meraup pendapatan US$ 94,98 juta, turun 5,83% ketimbang periode Januari-September 2017. Laba bersih Soechi Lines pun merosot 58,50% menjadi US$ 6,81 juta dari sebelumnya US$ 16,41 juta.

PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HITS) mencatat perbaikan kinerja pada sembilan bulan pertama tahun ini. HITS meraup pendapatan US$ 59,37 juta, naik 16,26% ketimbang periode yang sama tahun lalu. Laba bersih HITS pun melonjak 110,7% menjadi US$ 10,24 juta.

SMDR mencetak pendapatan terbesar jika dibandingkan dengan emiten lain. Samudera Indonesia meraup pendapatan US$ 357,97 juta, tumbuh 13,04% ketimbang sembilan bulan pertama tahun lalu US$ 316,67 juta. Laba bersih SMDR naik 0,92% menjadi US$ 6,54 juta.

Juan Harahap, Analis Artha Sekuritas mengatakan kinerja bisnis pelayaran berbeda-beda karena emiten mempunyai bisnis berbeda, sebagai contoh LEAD dan WINS bergerak di bidang offshore support vessel (OSV). Kedua emiten ini mendukung kegiatan oil di laut lepas sementara BULL dan SOCI menyediakan tanker untuk membawa oil. “Untuk prospek OSV saat ini masih tertekan oleh rendahnya harga sewa kapal karena excess supply dari kapal,” kata Juan.

Namun, pada tahun 2019 diperkirakan akan terjadi peningkatan industri OSV lewat tarif sewa kapal. Karena selain dari aktivitas industri minyak yang sedang bergejolak yang menimbulkan demand tinggi, supply dari kapal ini akan berkurang akibat efek dari rendahnya tarif sehingga semakin sedikitnya pemain dari industri ini. Sehingga kesimpulannya industri OSV ini akan mulai bergairah pada tahun 2019.

Prospek BULL dan SOCI akan semakin baik seiring dengan meningkatnya aktivitas industri minyak di Indonesia. Apalagi Pertamina yang sekarang sudah banyak mengambil-alih konsesi dari pemain asing. Pertamina sudah membuka tender yang menandakan aktivitas industri minyak akan semakin menggeliat. “Untuk TRAM setau saya dia sudah beralih bisnis menuju mining coal dengan emiten tersebut mengakuisisi Gunung Bara Utama,” kata Juan

Juan menilai, sebaiknya untuk menunggu tahun 2019 jika ingin bermain di saham perlayaran. Sementara, menurut William saham yang masih menarik adalah SOCI dengan target harga tiga bulan ke depan Rp 150 dan SMDR dengan target harga Rp 306–Rp 310.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Advokasi Kebijakan Publik di Era Digital (Teori dan Praktek) Mengenal Pentingnya Sustainability Reporting

[X]
×