kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45854,70   -4,91   -0.57%
  • EMAS932.000 0,22%
  • RD.SAHAM -0.53%
  • RD.CAMPURAN -0.14%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Batubara diprediksi akan bergerak di rentang US$ 70 - US$ 90 per metrik ton


Minggu, 09 Mei 2021 / 22:59 WIB
Batubara diprediksi akan bergerak di rentang US$ 70 - US$ 90 per metrik ton
ILUSTRASI. Sebuah kapal tongkang pengangkut batubara melintas di Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan,

Reporter: Achmad Jatnika | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga batubara ICE Newcastle untuk kontrak Juli, pada hari Jumat (7/5) mengalami penguatan sebanyak 0,35% dan berada di level US$ 93,90 per metrik ton.

Secara year to date, batubara mengalami penguatan sebanyak 17,23%, yang mana di akhir tahun harga batubara berada di angka US$ 80,10 per metrik ton.

Menurut Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim kenaikan yang terjadi pada batubara saat ini dikarenakan tren permintaan yang cukup tinggi, terutama di China yang mana mengalami kenaikan dari segi produk domestik bruto (PDB) sebanyak 18,3%.

Baca Juga: MIND ID berhasil mencetak laba bersih Rp 1,6 triliun di kuartal I 2021

Hal ini dinilai membuat industrial produk di China mengalami peningkatan. “Di daerahnya sendiri, sampai saat ini pemerintah melarang eksplorasi terhadap batubara, dan mereka membutuhkan batubara yang tinggi, sehingga mereka impor dari seperti Indonesia,” kata Ibrahim.

Selain itu, saat ini China juga mempunyai masalah dengan Australia, dan Ibrahim menilai masih memanas. Bahkan impor batubara dari Australia masih belum dilakukan hingga saat ini, dan dinilai akan menjadi kesempatan yang baik bagi batubara untuk mengalami peningkatan.

Sampai akhir tahun, Ibrahim menilai batubara masih akan bergerak di rentang US$ 70 per metrik ton – US$ 90 per metrik ton.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag


TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Pendalaman Strategic Thinking Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 2

[X]
×