kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45770,67   6,06   0.79%
  • EMAS888.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.17%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.12%

Baru sehari dibuka, saham Prima Cakrawala Abadi (PCAR) kena suspensi lagi


Jumat, 10 Januari 2020 / 06:54 WIB
Baru sehari dibuka, saham Prima Cakrawala Abadi (PCAR) kena suspensi lagi
ILUSTRASI. Listing perdana, saham PT Prima Cakrawala Abadi Tbk (PCAR). BEI menyetop perdagangan saham Prima Cakrawala Abadi (PCAR) hingga pengumuman lebih lanjut.

Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) kembali menutup perdagangan saham PT Prima Cakrawala Abadi Tbk (PCAR) pada hari ini. Suspensi ini dilakukan setelah kemarin saham emiten perdagangan dan perikanan ini bisa diperdagangkan sehari.

BEI menghentikan sementara perdagangan saham PCAR karena terjadi penurunan harga kumulatif yang signifikan. "BEI memandang perlu untuk melakukan penghentian sementara perdagangan saham Prima Cakrawala Abadi (PCAR) di pasar reguler dan pasar tunai mulai sesi I perdagangan tanggal 10 Januari 2020 sampai dengan pengumuman bursa lebih lanjut," ungkap BEI dalam pengumuman bursa, Kamis (9/1).

Kemarin, harga saham PCAR kembali anjlok 23,18% ke Rp 338 per saham. Ini adalah harga terendah saham PCAR sejak 3 Januari 2018, tiga hari setelah pencatatan saham perdana pada 29 Desember 2017.

Penurunan harga saham PCAR terjadi sejak akhir Desember lalu. Dalam dua pekan, harga saham PCAR turun 73,80%.

Baca Juga: Saham Prima Cakrawala Abadi (PCAR) bisa ditransaksikan lagi pada hari ini

Dalam penjelasan atas volatilitas transaksi pada Rabu (8/1), PCAR mengungkapkan bahwa tidak mengetahui informasi atau fakta material yang dapat memengaruhi nilai efek dan tidak ada informasi/fakta/kejadian penting yang material dan dapat memengaruhi harga efek. PCAR juga mengungkapkan tidak mengetahui adanya aktivitas pemegang saham tertentu dan tidak memiliki rencana untuk menggelar aksi korporasi dalam waktu dekat.

Pada tentang laporan kepemilikan efek bulan Desember 2019 yang dirilis Senin (6/1), PT Asabri memiliki 25,14% saham PCAR. Pemilik lebih dari 5% saham PCAR lainnya adalah Bahari Istana Alkausar sebesar 5%.

Baca Juga: Asabri: Investasi Tidak Bermasalah, Semua Sudah dikaji Internal

Dalam laporan keuangan per September 2019, perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan distribusi hasil perikanan (rajungan), industri pengolahan hasil perikanan (cold storage), dan perdagangan umum ini menyebut, entitas induk langsung PCAR adalah PT Asabri.

Dalam laporan ke BEI pada 1 November 2019, PCAR mengungkapkan bahwa pemegang saham pengendali Prima Cakrawala Abadi adalah Tommy Iskandar Widjaja dengan nama pemegang saham tercatat untuk kepentingan pengendali adalah PT Marindo Pasifik Indonesia dengan persentase kepemilikan 3,77%.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×