kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Baru menyerap capex 28%, Mitra Keluarga (MIKA) agresif ekspansi di semester kedua


Selasa, 07 September 2021 / 08:10 WIB
Baru menyerap capex 28%, Mitra Keluarga (MIKA) agresif ekspansi di semester kedua


Reporter: Kenia Intan | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (MIKA) tampaknya akan agresif ekspansi di semester kedua ini. Emiten rumah sakit ini menargetkan bisa menyerap seluruh rencana belanja modal Rp 350 miliar untuk mendanai ekspansi. 

Adapun sepanjang semester pertama lalu, MIKA baru menyerap capex Rp 99 miliar atau 28% dari total capex 2021. "Kalau memang pembangunan rumah sakit on track harusnya angka itu tercapai keseluruhannya," kata Direktur  Mitra Keluarga Karyasehat Joyce Vidyayanti Handajani, Senin (6/9).  

Dia menambahkan, capex sebesar Rp 350 miliar itu sebagian besar digunakan untuk pembangunan dua hingga tiga rumah sakit. Alokasi tersebut baru menggambarkan 60% dari total kebutuhan, mengingat proses pembangunan masih akan berlanjut di tahun depan. Asal tahu saja, setiap pembangunan rumah sakit berkapasitas 200 tempat tidur membutuhkan dana sekitar Rp 250 miliar-Rp300 miliar. 

Baca Juga: Simak rekomendasi saham Mitra Keluarga (MIKA) dari CGS CIMB Sekuritas

Saat ini MIKA mulai membangun dua rumah sakit baru yang terletak di Cikarang, Jawa Barat dan Tangerang Selatan, Banten. Keduanya telah melaksanakan ground breaking dan dijadwalkan akan selesai di tahun 2022. Rumah sakit baru di Cikarang rencananya akan beroperasi di kuartal ketiga tahun 2022, sementara rumah sakit baru di Tangerang Selatan akan beroperasi di kuartal keempat tahun 2022. 

Adapun masing-masing rumah sakit itu memiliki kapitalisasi pasar mencapai Rp 200 tempat tidur. Akan tetapi sebagai awalan, MIKA akan membuka 50 hingga 70 tempat tidur terlebih dahulu. 

 

MIKA juga tengah mengusahakan membangun satu rumah sakit lagi di Tegal, Jawa Tengah. Jika berjalan sesuai rencana, pembangunan akan dilakukan di akhir tahun ini. Sejauh ini, rencana tersebut masih dalam proses perizinan. 

Selain membangun rumah sakit baru, MIKA juga berencana melakukan akuisisi. Saat ini MIKA melihat adanya potensi untuk mengakuisisi dua rumah sakit. Jika seluruhnya berjalan lancar, MIKA akan menyelesaikan transaksi akuisisi salah satu rumah sakit di tahun 2021 ini. 

"Diharapkan akuisisi ini bisa mendukung pertumbuhan Mitra Keluarga di tahun 2022 dan ke depan," imbuh Joyce. Asal tahu saja, hingga Juni 2021, MIKA memiliki 26 rumah sakit dengan total kapasitas  3.885 tempat tidur. Sementara tempat tidur operasionalnya mencapai 3.247. 

Baca Juga: Punya profitabilitas tinggi, analis rekomendasikan emiten-emiten ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×