kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bareksa meraih penghargaan mitra distribusi non-bank terbaik SBN


Kamis, 17 Desember 2020 / 19:40 WIB
Bareksa meraih penghargaan mitra distribusi non-bank terbaik SBN
Bareksa raih penghargaan Mitra Distribusi Non-Bank Terbaik Surat Berharga Negara.


Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Marketplace investasi, Bareksa menerima penghargaan sebagai Mitra Distribusi Surat Berharga Negara terbaik dan Mitra Distribusi Surat Berharga Syariah Negara Terbaik Kategori Fintech 2020 dari Kementerian Keuangan RI melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko. Penghargaan ini merupakan yang kedua kali berturut-turut bagi Bareksa. 

Co-founder dan CEO Bareksa Karaniya Dharmasaputra, menyatakan penghargaan ini kembali menjadi bukti bahwa pemanfaatan fintech memiliki peran yang semakin penting untuk mendemokratisasi dunia keuangan nasional.  "Di tengah pandemi Covid-19 dan era New Normal, kita justru melihat akselerasi penjualan di segmen retail melalui teknologi digital dan terus meluasnya demokratisasi obligasi negara yang sebelumnya merupakan wilayah yang elitis, yang jauh dari jangkauan masyarakat luas,” kata Karaniya, dalam keterangan tertulis, Kamis (17/12). 

Selain itu, Karaniya mengatakan penghargaan ini menjadi bukti bahwa dorongan dan dukungan Kementerian Keuangan, OJK, dan Bank Indonesia, dalam pemanfaatan tekfin merupakan langkah yang tepat.

Baca Juga: Prospek investasi obligasi tahun 2021 masih menarik

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa penerbitan SBN menjadi salah satu penopang pembiayaan negara yang difokuskan untuk mengatasi pandemi Covid-19 dan mendorong pemulihan ekonomi nasional. “Kita menghadapi tantangan luar biasa dari sisi strategi pembiayaan tahun ini. Kami mengapresiasi kerja sama berbagai pihak yang telah mendukung pembiayaan dan pengelolaan negara untuk mengatasi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional,” ujar Sri Mulyani dalam sambutan di Investor Gathering 2020 secara virtual.

Sepanjang 2020, Bareksa sebagai midis telah membantu penjualan untuk enam seri SBN ritel. Seri ORI017 dan SR013 menjadi surat utang ritel yang penjualannya sentuh rekor tertinggi. Di tengah situasi sulit akibat COVID-19, nilai penjualan ORI017 melesat 608% dibandingkan dengan ORI016. Sementara penjualan SR013 naik 238% dari SR012.

Jumlah investor per November 2020 juga meningkat 153% dibanding periode sama tahun sebelumnya. Ketidakpastian ekonomi akibat pandemi mendorong masyarakat untuk berinvestasi pada produk yang lebih aman melalui platform digital. SBN yang dijamin pemerintah 100% menjadi pilihan investasi yang aman dalam situasi tersebut.

Baca Juga: Pemerintah meraup dana lebih dari Rp 748 triliun dari lelang SUN & SBSN tahun ini

Keritelan Terbaik dan Jangkauan Terluas

Bareksa juga berhasil dinobatkan sebagai salah satu mitra distribusi terbaik dari sisi menciptakan keritelan, sejajar dengan empat bank besar skala nasional. Dari sisi jangkauan, Bareksa ada di posisi nomor satu karena berhasil menjangkau investor SBN hingga 34 provinsi di Indonesia.

Dari sisi jumlah investor, Bareksa bersaing dengan empat bank besar tersebut dan berada di posisi teratas di antara mitra distribusi non-bank lainnya. Kementerian Keuangan memberikan penghargaan kepada Bareksa sebagai mitra distribusi SBN Syariah (SBSN) terbaik 2019 kategori non-bank.

Sebelumnya, Bareksa juga dinobatkan sebagai platform terbaik untuk membeli Surat Utang Negara (SUN) secara online berdasarkan survei yang dilakukan oleh Big Data Telkom dan DJPPR, Kemenkeu, pada Desember 2019.

Transaksi pembelian SBN kini sudah dapat dilakukan di aplikasi Bareksa (Android maupun iOS), sehingga investor dengan mudah memantau semua portofolio investasi mulai dari reksadana hingga SBN dalam satu aplikasi.

Baca Juga: Tembus Rp 5 triliun, penjualan ST007 dinilai cukup memuaskan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×