kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45869,49   -13,44   -1.52%
  • EMAS937.000 0,43%
  • RD.SAHAM -0.64%
  • RD.CAMPURAN -0.17%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Banyak emiten menggelar buyback, ini saham yang dinilai menarik


Rabu, 21 April 2021 / 07:35 WIB
Banyak emiten menggelar buyback, ini saham yang dinilai menarik


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Makin banyak emiten yang akan membeli kembali (buyback) saham. Aksi korporasi ini diproyeksikan bisa meningkatkan harga saham perusahaan.

Analis Binaartha Sekuritas, M. Nafan Aji Gusta Utama menuturkan, buyback ini untuk meningkatkan likuiditas saham. Selain itu, dia menilai dengan melakukan aksi buyback, umumnya investor mempertimbangkan masuk.

"Jika tidak likuid investor cenderung beralih ke saham ke lebih likuid seperti LQ45," ujar Nafan kepada kontan.co.id, Selasa (20/4). Karenanya, ia turut mengapresiasi rencana aksi korporasi ini.

Salah satu emiten yang berencana untuk buyback saham yakni, PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) dengan alokasi dana maksimum Rp 530 miliar. Ada pula PT Nippon Indosari Corpindo Tbk (ROTI) dengan total nilai saham yang akan dibeli kembali maksimal Rp 480 miliar.

Baca Juga: Wall Street tergelincir, fokus investor beralih ke kinerja sektor teknologi

Kemudian, PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) yang menyiapkan dana sebesar Rp 350 untuk aksi buyback, PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) senilai Rp 150 miliar. Lalu, PT Jaya Real Property Tbk (JRPT) dengan total anggaran yang disiapkan sebesar Rp 75 miliar dengan jumlah pembelian kembali saham sebanyak 135,5 juta saham dari modal disetor.

Dari kelima emiten tersebut, Nafan memperkirakan saham yang paling menarik adalah RALS. Menurut dia, saat ini sektor ritel terlihat mulai pulih seiring pemulihan pada sektor konsumsi. Hal itu dilihatnya dari bullish consolidation yang diperlihatkan sektor ritel.

Untuk RALS, dia merekomendasikan buy on weakness dengan target harga Rp 990 per saham. "Soalnya mereka melemahnya setelah sebelumnya break out dari kisaran level Rp 850. Jadi kalau RALS strateginya buy on weakness, targetnya di Rp 990," tutur Nafan.

Baca Juga: Harga CPO merangkak naik sepanjang April 2021, simak rekomendasi saham-saham CPO

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×