kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Sentral Australia syukuri pelemahan dollar aussie


Selasa, 16 Oktober 2018 / 21:52 WIB
Bank Sentral Australia syukuri pelemahan dollar aussie
ILUSTRASI. Uang dollar Australia


Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Reserve Bank of Australia (RBA) yang mensyukuri pelemahan dollar Australia, menekan penguatan mata uang AUD/USD.

Selasa (16/10), AUD/USD bergerak sideways dengan kecenderungan menurun. Mengutip Bloomberg, pukul 20.00 WIB, dollar Negara Kanguru tercatat menguat 0,07% terhadap dollar negara Paman Sam di level 0,7135.

Analis Monex Investindo Futures Dini Nurhadi Yasyi mengatakan, laju AUD/USD cenderung sideways bahkan sempat menurun karena isi Berita Acara RBA pada pertemuan 2 Oktober lalu yang dirilih hari ini, menyatakan lebih suka dollar aussie melemah guna mendukung ekonomi domestik dan pemasukan dari ekspor akan meningkat.

"Sikap dovish RBA yang tetap mempertahkankan suku buga acuannya dan terkesan mensyukuri pelemahan dollar Australia menunjukkan penurunan mata uangnya bisa menopang perekonomian Australia," kata Dini, Selasa (16/10).

Lebih lanjut Dini menjelaskan ketika RBA naikkan suku bunga bunga, hal itu bisa membuat konsumen takut dan menahan pertumbuhan ekonomi dan inflasi Australia. Oleh karena itu, RBA lebih senang bila menahan suku bunga acuannya dan mensyukuri pelemahan mata uangnya dengan harapan bisa menopang perekonomian Australia.

Di lain sisi, Dini mengamati pelaku pasar berharap RBA bisa hawkish karena tren penurunan AUD/USD sudah terjadi sejak awal tahun.

Dini memproyeksikan pergerakan AUD/USD masih akan sideways dengan kecenderungan menurun. Alasannya, belum ada data penting yang akan keluar.

Namun, Dini mengatakan pasangan AUD/USD berkolerasi positif dengan pergerakan indeks saham global. "Jika risk appetite pasar saham global menurun ini juga jadi sentimen negatif bagi AUD/USD," kata Dini.

Sementara, meski pasar saham baik global, Asia dan AS mulai pulih tetapi secara umum kondisi pasar saham global masih tertekan outlook kenaikan suku bunga AS dan tingginya yield US Treasury. Sehingga, Dini memproyeksikan pergerakan AUD/USD masih akan cenderung melemah.

Secara teknikal Dini menganalisis MACD begerak sideways ke level 0,007. Stochastic bergerak menurun ke level 24,2 mengindikasikan hampir menyentuh area oversell. RSI bergerak sideways di 50,56. MA sudah bergrak diatas MA 50 tetapi masih dibawah MA 100 dan MA 200. Secara keseluruhan pergerakan AUD/USD masih akan sideways.

Dini memperkirakan rentang support di 0,7045-0,7080 dan resistance di 0,7165-0,7210. Dini memberi rekomendasi buy on dips.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×