kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank BTN (BBTN) kucurkan kredit korporasi Rp 2 triliun ke Bumi Serpong Damai (BSDE)


Selasa, 26 Oktober 2021 / 07:40 WIB
Bank BTN (BBTN) kucurkan kredit korporasi Rp 2 triliun ke Bumi Serpong Damai (BSDE)


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) mengucurkan fasilitas kredit korporasi  ke PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) senilai Rp 2 triliun. Fasilitas kredit yang diberikan BTN berupa term loan dengan tenor 84 bulan.  

Wakil Direktur Utama Bank BTN  Nixon LP Napitupulu mengatakan kerjasama yang dibangun dengan BSDE secara khusus akan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak dalam bersinergi membangun sektor properti di tengah guncangan pandemi yang sudah berjalan 2 tahun ini.

“Sebagai bank dengan fokus utama di sektor perumahan, kami mendukung para stakeholder properti termasuk pengembang  seperti BSDE untuk tetap ekspansif selama  pemulihan ekonomi berjalan dan kami optimistis  dengan fasilitas kredit yang kami berikan, BSDE akan lebih ekspansif membangun proyek properti yang bermutu,” kata Nixon dalam keterangan tertulis pada Senin (25/10).

BSDE merupakan perusahaan terbuka yang tergabung dalam Sinarmas Grup dan telah memiliki pengalaman lebih dari 37 tahun di bidang properti dengan aset, ekuitas, land bank, serta operating cashflow terbesar di Indonesia.  Adapun hingga saat ini Sinarmas Group telah mendapatkan plafond kredit BTN sebesar Rp 3,5 triliun.

Baca Juga: BTN yakin bisa catatkan pertumbuhan kredit setinggi dua digit pada tahun depan

“Kami merangkul seluruh pengembang di Indonesia, baik perumahan subsidi atau non subsidi untuk bersama-sama membangun ekosistem perumahan di Indonesia sesuai dengan visi Bank BTN menjadi The Best Mortgage Bank in South East Asia pada tahun 2025,” kata Nixon. 

Untuk mencapai target tersebut, Bank BTN memperluas penyaluran kredit tidak hanya di segmen kredit konsumer tapi juga selektif mengucurkan kredit korporasi ke perusahaan yang prospektif dan relevan dengan bisnis utama Bank BTN.

Berdasarkan catatan Bank BTN, sepanjang Januari - September 2021 kredit korporasi yang telah disalurkan BTN mencapai Rp 4,70 triliun. "Kredit korporasi telah kami salurkan ke beberapa segment dengan mayoritas di infrastruktur, high rise building, landed house," kata Nixon.

Pemberian kredit korporasi ini menunjukkan eksistensi Bank BTN dalam  menjalankan fungsi intermediasi. "Kami menargetkan dapat mengalirkan kredit korporasi hingga akhir tahun ini sekitar Rp 11 triliun," ujar Nixon.

Selain penyaluran kredit korporasi dengan BSDE pada kesempatan yang sama, Bank BTN juga menandatangani perjanjian kerjasama layanan perbankan. Nixon berharap BTN dapat menjadi mitra Utama BSDE untuk menyediakan produk dan layanan perbankan yang lengkap dan komprehensif diantaranya BTN Solusi, KPR,  cash management dan sebagainya.

 

Selanjutnya: Penyaluran kredit naik, sejumlah laba emiten perbankan positif di kuartal ketiga 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×