kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Bank BJB menjadi BPD pertama sebagai bank administrator RDN


Jumat, 25 Oktober 2019 / 19:02 WIB
Bank BJB menjadi BPD pertama sebagai bank administrator RDN
ILUSTRASI. Bank Jabar (BJB) akan bergabung sebagai BPD pertama yang menjadi Bank Administrator RDN. KONTAN/Baihaki/12/8/2013

Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - LOMBOK. Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mencatatkan pada 12 Juli 2019 mendatang jumlah Bank Administrator Rekening Dana Nasabah (RDN) akan bertambah dari 14 menjadi 16 bank untuk periode 2019-2024. Adapun pada kesempatan yang sama, jumlah Bank Pembayaran juga bertambah dari lima bank menjadi sembilan Bank Pembayaran.

Direktur Utama KSEI Uriep Budhi Prasetyo menyatakan pada 7 November 2019 mendatang, Bank Jabar (BJB) akan bergabung sebagai BPD pertama yang menjadi Bank Administrator RDN.

"Selain Bank Jabar hingga saat ini baru ada Bank Jatim yang menjadi bank custody dan telah menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) pada Juli 2019 kemarin," kata Uriep kepada Kontan.co.id, Jumat (25/10).

Baca Juga: Wow, Jumlah Investor Pasar Modal Menembus Dua Juta

Uriep bilang untuk menjadi payment bank harus melewati tiga kali proses terlebih dahulu. Pertama, harus bisa menjadi bank custody terlebih dahulu. Kedua, jadi Bank RDN, baru kemudian jadi bank pembayaran.

Asal tahu saja, melansir data dari KSEI ada sembilan bank yang sudah dipilih sebagai bank pembayaran sekaligus bank administrator RDN yakni Bank Central Asia, Bank CIMB Niaga, Bank KEB Hana Indonesia, Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia, Bank Panin Indonesia, Bank Permata, Bank Rakyat Indonesia dan Bank Sinarmas.

Sedangkan untuk pihak yang berperan khusus sebagai bank administrator, KSEI menunjuk tujuh bank. Administrator RDN periode tersebut adalah Bank Mayapada, Bank Nationalnobu, Bank OCBC NISP, dan Bank Tabungan Negara. Sedangkan tiga sisanya adalah bank syariah yaitu Bank BCA Syariah, Bank BNI Syariah, dan Bank Mandiri Syariah.



Video Pilihan

TERBARU

Close [X]
×