kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Bangun pabrik ban pesawat, GMF Aero Asia (GMFI) dapat pinjaman dari China


Selasa, 06 November 2018 / 20:15 WIB

Bangun pabrik ban pesawat, GMF Aero Asia (GMFI) dapat pinjaman dari China

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk (GMFI) berencana membangun pabrik ban pesawat di Indonesia pada tahun 2019. GMFI akan menggaet produsen ban ternama asal Eropa dalam kerjasama joint venture ini.

Untuk pembiayaan, Direktur Utama GMFI Iwan Joeniarto mengatakan, pihaknya telah melakukan penandatanganan dengan China Communication Construction Company (CCCC). BUMN China tersebut berkomitmen menggelontorkan dana senilai US$ 500 juta untuk beberapa ekspansi GMFI termasuk pembuatan pabrik ban pesawat di Tangerang tersebut.

Perjanjian kerjasama GMFI dan CCCC diresmikan saat pertemuan IMF-World Bank Annual Meeting di Bali beberapa waktu lalu.

Ditemui di tempat yang sama, Direktur GMFI, Tarza Marta Kurniawan mengatakan, nantinya dana dari CCCC ini tidak hanya akan digunakan untuk membangun pabrik ban pesawat, namun akan digunakan juga dalam proyek pengembangan bisnis GMFI yang lain.

“Kami juga mengubah anggaran dasar perusahaan untuk mendukung diversivikasi bisnis menjadi lebih luas,” ujar Iwan saat ditemui di RUPSLB GMFI, Selasa (6/11).

Selain pabrik ban pesawat, GMFI berencana menjalankan layanan baru berupa penyewaan mesin pesawat bagi konsumen yang menginginkan jasa layanan perawatan mesin tanpa harus mengandangkan pesawat mereka. “Jadi nantinya kami akan beli aset mesin pesawat dan kami pinjamkan ke mereka (konsumen) sehingga pesawat mereka tidak perlu grounded,” ujar Iwan


Reporter: Yoliawan H
Editor: Komarul Hidayat

Video Pilihan


Close [X]
×