kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.009,04   -4,47   -0.44%
  • EMAS942.000 1,07%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Bangun Karya Perkasa (KRYA) Raih Dana Rp 40,62 Miliar dari IPO, Ini Rencana Bisnisnya


Senin, 25 Juli 2022 / 12:19 WIB
Bangun Karya Perkasa (KRYA) Raih Dana Rp 40,62 Miliar dari IPO, Ini Rencana Bisnisnya
ILUSTRASI. Proyek pengerjaan jalan yang digarap kontraktor PT Bangun Karya Perkasa Jaya Tbk (KRYA).


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bangun Karya Perkasa Jaya Tbk melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin (25/7). Emiten konstruksi ini meraih dana sebesar Rp 40,62 miliar dari Initial Public Offering (IPO).

Bersandi saham KRYA, Bangun Karya Perkasa Jaya menjadi perusahaan tercatat ke-28 pada tahun 2022 dan emiten ke-794 yang melantai di BEI saat ini.

Adapun KRYA merupakan perusahaan konstruksi yang memiliki spesialisasi dibidang fabrikasi baja dan kontraktor umum. Dalam penawaran umum perdana saham alias IPO ini, KRYA melepas sejumlah 325 juta saham atau setara 20% dari modal disetor dan ditempatkan dengan harga Rp 125 per saham.  

Baca Juga: BEI Masih Mengantongi 37 Calon Emiten Dalam Pipeline IPO

Direktur Utama sekaligus Founder Bangun Karya Perkasa Jaya Dharmo Budiono optimistis langkah perusahaan untuk melantai di BEI bisa menjadi pendorong kinerja. Sekaligus mengenalkan brand positioning kepada publik serta para investor baik dalam maupun luar negeri.

Di samping itu, IPO juga untuk meningkatkan struktur pendanaan dan tata kelola yang lebih baik. Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi, KRYA pun berkomitmen meningkatkan inovasi dan ketepatan waktu untuk memberikan karya optimal bagi para pelanggannya.

"Kami yakin bisnis jasa konstruksi adalah suatu ikatan batin, bagaimana menjaga hubungan baik merupakan faktor positif yang membantu membangun brand positioning kami dengan para pelanggan. Di masa pandemi pun kami berhasil mencetak laba bersih yang membanggakan," ujar Dharmo dalam rilis yang disiarkan Senin (25/7).

Herman Sutanto, Direktur PT Indo Capital Sekuritas yang menjadi penjamin pelaksana emisi efek dan penjamin emisi efek memaparkan bahwa KRYA telah mendapatkan izin efektif dari Otoritas Jasa Keuangan pada tanggal 15 Juli 2022. 

Herman menyampaikan, dalam masa penawaran umum sejak 19 – 21 Juli 2022, saham PT Bangun Karya Perkasa Jaya Tbk mendapatkan minat yang luar biasa dari para investor sehingga seluruh saham yang ditawarkan dapat diserap dengan baik. Dari aksi korporasi ini, KRYA akan menerima dana segar sebesar Rp 40,62 miliar.

Dana yang diperoleh itu seluruhnya dipakai untuk modal kerja, antara lain 45,1% untuk pembangunan gudang digital entitas anak dan sisanya sebesar 54,10% untuk biaya penyediaan bahan baku material, pembelian perlengkapan kerja, perawatan mesin beserta perangkat pendukungnya.

Baca Juga: Rencana IPO Membanjiri Pasar Saham

Berdiri sejak 7 Januari 2007, Bangun Karya Perkasa Jaya berfokus pada proyek infrastruktur (jalan, jembatan dan bangunan air) dan bangunan industrial seperti pabrik dan gudang. Pada 7 Maret 2022, PT Bangun Karya Perkasa Jaya bertransformasi menjadi perusahaan terbuka sesuai dengan pengesahan Akta Notaris No. 29. 

Berdasarkan akta no. 29 itu, Perseroan menerbitkan Alokasi Saham Karyawan (Employee Stock Allocation atau ESA) sebanyak 1.625.000 atau 0.50% dari jumlah saham yang dikeluarkan dalam penawaran umum perdana saham, sebagai apresiasi bagi para karyawan atas produktivitas kerja dan motivasi untuk meningkatkan kinerjanya.  

Bersamaan dengan IPO ini, Bangun Karya Perkasa Jaya juga menerbitkan sebanyak-banyaknya 162.500.000 atau 12.50% Waran seri I, yang akan diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi para pemegang saham yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham pada tanggal penjatahan. Setiap pemegang 2 saham yang ditawarkan berhak mendapatkan 1 Waran seri I.

Dari sisi pergerakan saham, pada penutupan perdagangan sesi I hari ini, saham KRYA merosot 2,40% ke harga Rp 125. Pada awal perdagangan, saham KRYA sempat melesat ke level Rp 168.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era The Science of Sales Management

[X]
×