kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,12   2,37   0.26%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bagi Saham Bonus dan Inbreng, Berikut Rekomendasi Saham Barito Pacific (BRPT)


Senin, 12 Desember 2022 / 09:27 WIB
Bagi Saham Bonus dan Inbreng, Berikut Rekomendasi Saham Barito Pacific (BRPT)
RUPS?PT Barito Pacific Tbk (BRPT). Bagi Saham Bonus dan Inbreng, Berikut Rekomendasi Saham Barito Pacific (BRPT).


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Barito Pacific Tbk (BRPT) pada Jumat (9/12) menghasilkan dua keputusan. Pertama, persetujuan pengalihan saham treasuri dengan pembagian saham bonus.

Kedua, persetujuan rencana BRPT untuk mengambil bagian saham entitas anak dengan cara inbreng. Ini terkait strategi pengembangan bisnis energi terbarukan melalui PT Barito Renewables Energy (BREN).

RUPSLB menyetujui pengalihan saham treasuri dengan cara pembagian saham bonus 392.352.302 lembar atau sebesar Rp 39,23 miliar. Dengan rasio setiap 475 lembar saham akan mendapat 2 lembar saham bonus yang akan dibagikan kepada pemegang saham yang namanya tercatat pada tanggal 21 Desember 2022.

Baca Juga: Barito Pacific (BRPT) Bagi Saham Bonus dan Inbreng Saham Entitas Anak

Selanjutnya, RUPSLB menyetujui pengambil bagian oleh BRPT atas saham baru yang diterbitkan BREN. Dengan cara inbreng atas seluruh saham milik BRPT di dalam Star Energy Group Holding Pte Ltd (SEGHPL).

BREN akan melakukan penerbitan saham baru yang akan diambil bagian oleh BRPT dan Green Era Energy Pte Ltd (GE). Penyetorannya dilakukan dengan cara inbreng saham di SEGHPL. Sebelum inbreng, Barito Pacific memiliki 66,7% saham di SEGHPL.

Setelah inbreng, SEGHPL akan dimiliki 100% oleh BREN, sedangkan 66,7% saham BREN dimiliki oleh Barito Pacific. Adapun BRPT menyiapkan BREN sebagai entitas dalam negeri yang akan menaungi kepemilikan asset di sektor energi terbarukan. 

Rekomendasi Saham

Financial Expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih melihat hasil RUPSLB BRPT berpotensi memberikan sentimen positif bagi pergerakan harga sahamnya. Ratih menyoroti, pemberian saham bonus dari saham treasury merupakan aksi BRPT untuk meningkatkan likuiditas perdagangan.

Adanya pemberian saham bonus juga sebagai bentuk loyalitas BRPT kepada pemegang saham. "Sentimen ini dapat meningkatkan permintaan saham BRPT dengan menarik minat investor, sehingga berpengaruh positif terhadap pergerakan harga sahamnya," terang Ratih.

Baca Juga: Ini Strategi Barito Pacific (BRPT) untuk Jaga Stabilitas Kinerja

Selain itu, transaksi inbreng saham terkait BREN bertujuan untuk mempertajam bisnis BRPT di sektor industri yang berkelanjutan. Langkah ini sebagai strategi BRPT untuk memperkuat struktur permodalan anak usaha dan memfokuskan lini bisnis energi terbarukan.

"Alhasil, dengan fokusnya kompetensi inti pada bidang usaha tersebut dapat menopang pertumbuhan baik dari sisi pendapatan maupun EBITDA BRPT ke depan." imbuh Ratih.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×