kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45864,71   3,05   0.35%
  • EMAS1.361.000 -0,51%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Awal bulan depan, ADHI eksekusi rights issue


Rabu, 09 September 2015 / 14:38 WIB
Awal bulan depan, ADHI eksekusi rights issue


Sumber: Antara | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. PT Adhi Karya Tbk (ADHI) Persero, siap melakukan rights issue atau menerbitkan saham baru tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) senilai Rp 2,73 triliun. Dana ini akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan dana pembangunan proyek Light Rail Transit (LRT) di Jakarta dan daerah penyangganya.

Emiten infrastruktur pelat merah ini akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) terkait aksi korporasi ini pada 22 September 2015. "Jadi kami perkiraan, awal bulan Oktober 2015, rights issue sudah bisa dilaksanakan," kata Direktur Utama Adhi Karya Kiswodarmawan, di sela-sela groundbreaking LRT Indonesia, di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Rabu (9/9).

Menurut Kiswodarmawan, harga rights issue per saham belum bisa disebutkan, karena harga saham Adhi Karya di pasar modal sedang mengalami kenaikan.

Ia menjelaskan, dana yang diperoleh dari hasil right issue tersebut akan digunakan untuk membiayai sebagian modal pembangunan infrastruktur LRT. Menurut catatan, total investasi pembangunan LRT mencapai sekitar Rp 23,8 triliun yang akan dikerjakan oleh sembilan BUMN.

Menurut Kiswodarmawan pada tahap I pembangunan LRT tiga trase, yaitu Cibubur-Cawang sepanjang 13,7 kilometer, Cawang-Dukuh Atas sepanjang 10,5 kilometer dan Bekasi Timur-Cawang sepanjang 17,9 kilometer memakan total investasi Rp 11,9 triliun.

Tahap II lintas Cibubur-Bogor, Dukuh Atas-Palmerah-Senayan dan Palmerah-Grogol dengan panjang 41,5 kilometer.

Pelaksanaan pembangunan tahap I dimulai kuartal IV-2015 dan direncanakan selesai tahun 2016. Sedangkan tahap II dimulai kuartal IV-2016 dan selesai pada akhir tahun 2018.

Kiswodarmawan menjelaskan, selain rights issue, pembangunan LRT juga akan dibiayai dari Penyertaan Modal Negara (PMN) dari APBN-P 2015 yang mencapai Rp 1,4 triliun dan dari dana publik senilai Rp 1,35 triliun untuk mendukung permodalan perusahaan.

"Pembiayaan juga akan diupayakan dari pinjaman perbankan. Bank-Bank BUMN seperti Mandiri, Bank BNI, BRI dan BTN siap membentuk konsorsium untuk memberi pinjaman," tegasnya.

Pembangunan LRT Indonesia merupakan sinergi BUMN dan BUMD antara lain Jasa Marga, PPD, RNI, Bulog, JakPro, BNI, Bank Mandiir, BRI dan BTN.

"Sinergi BUMN dan BUMD ini mulai dari pengembangan lahan, pembiayaan, konstruksi dan operasional, sehingga menciptakan nilai tambah baik bagi masyarakat maupun korporasi," ujarnya. (Royke Sinaga)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×