kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.956.000   25.000   1,29%
  • USD/IDR 16.555   -90,00   -0,55%
  • IDX 6.926   28,03   0,41%
  • KOMPAS100 1.005   3,86   0,39%
  • LQ45 777   2,30   0,30%
  • ISSI 221   0,99   0,45%
  • IDX30 403   1,61   0,40%
  • IDXHIDIV20 475   0,87   0,18%
  • IDX80 113   0,26   0,23%
  • IDXV30 115   0,38   0,33%
  • IDXQ30 131   -0,13   -0,10%

Avia Avian (AVIA) Bidik Kenaikan Penjualan Menjelang Lebaran, Ini Strateginya


Minggu, 09 Maret 2025 / 13:20 WIB
Avia Avian (AVIA) Bidik Kenaikan Penjualan Menjelang Lebaran, Ini Strateginya
ILUSTRASI. Momen Lebaran menjadi salah satu periode dengan pola musiman yang berpengaruh terhadap kinerja PT Avia Avian Tbk (Avian Brands)


Reporter: Rashif Usman | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Momen Lebaran menjadi salah satu periode dengan pola musiman yang berpengaruh terhadap kinerja PT Avia Avian Tbk (Avian Brands). Hal ini disebabkan oleh kebiasaan masyarakat, khususnya yang beragama Muslim, untuk mengecat ulang rumah menjelang hari raya. 

Head of Investor Relations Avian Brands, Andreas Timothy Hadikrisno mengatakan dengan lebih dari 80% populasi Indonesia beragama Muslim, permintaan cat cenderung mengalami lonjakan signifikan di periode sebelum Lebaran, terutama untuk pengecatan ulang area seperti ruang tamu dan dapur.

Meskipun momentum Lebaran memberikan dorongan positif bagi bisnis, tantangan tetap ada. Faktor seperti tekanan ekonomi dan isu sosial, termasuk maraknya pinjaman online dan judi online, berpotensi melemahkan daya beli masyarakat. Kendati demikian, AVIA tetap optimistis dan berharap dapat memanfaatkan momentum ini dengan baik.

"Kenaikan penjualan selama periode sebelum Lebaran umumnya mencapai double digit dibandingkan hari biasa," kata Andreas kepada Kontan, Jumat (7/3) lalu.

Namun, setelah Lebaran, permintaan cenderung menurun, terutama saat memasuki periode libur panjang. Dari sisi produk, cat dinding menjadi yang paling diminati, mengingat area tersebut sering digunakan untuk menerima tamu. 

Baca Juga: AVIA Bakal Merampungkan Akuisisi di 2025, Begini Prospek Bisnisnya Tahun Ini

Selain itu, produk pelapis anti bocor dengan merek No Drop juga berpotensi mengalami peningkatan permintaan karena tersedia dalam berbagai pilihan warna, yang memberikan solusi praktis bagi masyarakat dalam memperbarui tampilan rumah sekaligus memberikan perlindungan ekstra terhadap kebocoran. 

Untuk mengantisipasi lonjakan permintaan sebelum Lebaran, Avian Brands menerapkan strategi khusus, salah satunya melalui program last-bite moment yang digelar pada Januari 20205 lalu. Program ini memberikan kesempatan bagi toko bangunan untuk membeli produk dengan harga lama sebelum kenaikan harga yang berlaku mulai Februari. 

Lewat program ini, diharapkan toko bangunan dapat meningkatkan persediaan produk sebelum memasuki periode puncak permintaan. Dengan stok yang mencukupi, toko-toko dapat memenuhi kebutuhan konsumen dan memaksimalkan penjualan selama musim Lebaran.

Selain itu, Avian Brands juga menggelar berbagai kegiatan pemasaran, termasuk gathering event dengan toko-toko besar menjelang Ramadan. Melalui acara ini, perusahaan menawarkan berbagai promosi menarik guna meningkatkan penjualan produk mereka. 

Baca Juga: Emiten Hermanto Tanoko (AVIA) Bakal Buyback Saham Rp 1 Triliun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Cara Praktis Menyusun Sustainability Report dengan GRI Standards Strive

[X]
×