kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,72   -20,01   -2.16%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Aset kripto Solana cuan di tahun ini, simak yang perlu diperhatikan sebelum beli


Senin, 11 Oktober 2021 / 20:20 WIB
Aset kripto Solana cuan di tahun ini, simak yang perlu diperhatikan sebelum beli
ILUSTRASI. Logo aset kripto Solana.


Reporter: Achmad Jatnika | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Aset kripto Solana (SOL) mencatatkan kenaikan yang tidak main-main sepanjang tahun ini. Merujuk CoinMarketCap, secara year to date (ytd) Solana sudah mencatatkan kenaikan lebih dari 9900%.

Co-founder CryptoWatch dan pengelola channel Duit Pintar, Christopher Tahir menilai, kenaikan yang tinggi pada aset kripto Solana karena adanya janji yang diberikan dari Solana untuk bisa menyelesaikan masalah yang ada saat ini, yaitu bisa memproses lebih banyak transaksi dengan biaya yang jauh lebih murah.

Selain itu, sentimen yang mempengaruhi pergerakannya datang dari kepercayaan dari investornya ke masa depan, karena aset kripto ini seharusnya dianggap dapat berkinerja lebih baik dibandingkan dengan ethereum (ETH).

Solana juga menggunakan teknologi baru yang bernama proof-of-history di blockchain. Teknologi ini berbeda dari Ethereum yang menggunakan teknologi proof-of-stake, dan Bitcoin (BTC) dengan teknologi proof-of-work.

“Sederhananya algoritma konsensus yang bisa memverifikasi waktu transaksi antara dua kejadian transaksi secara kriptografi,” jelas Christoper mengenai proof-of-history kepada Kontan.co.id, Senin (11/10).

Baca Juga: Pasar aset kripto masih menunggu sentimen Bitcoin ETF

Christoper juga mengamati, ekosistem dari aset kripto ini tampak cukup hidup, karena jumlah transaksi yang banyak terjadi. 

Merujuk CoinMarketCap, Solana saat ini menjadi salah satu aset kripto dengan kapitalisasi terbesar, bahkan mencapai US$ 45,50 miliar.

Walaupun ia melihat aset ini cukup menarik, tetapi ia menyatakan bahwa perlu dilihat kembali tujuan utama dari berinvestasi di aset kripto ini. 
“Dikarenakan kalau penggunaannya sebagai utility, maka kenaikan harga akan cenderung semu,” kata Christoper.

Ia juga mencatat beberapa hal penting yang belum dilewati oleh Solana, seperti bagaimana aset kripto ini akan melewati pasar bearish yang parah. Sehingga, ia cenderung akan menunggu pasar untuk bearish yang parah terlebih dahulu untuk melihat seberapa kuat Solana bertahan.

Kenaikan Solana saat ini menurutnya masih akan sangat tergantung, apakah altcoin seperti Solana masih akan tetap mengikuti kenaikan Bitcoin atau tidak, karena menurutnya kondisi saat ini tidak seperti awal tahun.

“Karena belakangan ini tampaknya tidak seperti awal tahun ketika BTC naik, yang lain ikut, belakangan tampaknya altcoins agak seret,” jelas Christoper.

Di tahun ini, angka tertinggi dari Solana berada di angka US$ 191 per SOL. Per 11 Oktober 2020, pukul 17.20 WIB, Solana berada di angka US$ 151,62 per SOL, dalam 24 jam terakhir, aset kripto ini sudah turun 3,03%.

Selanjutnya: Ada 229 aset kripto yang dapat diperdagangkan di Indonesia, simak daftar lengkapnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×