kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Antisipasi Fluktuasi Kurs Mata Uang Asing dengan Buka Tabungan Giro Valas


Jumat, 27 Januari 2023 / 13:26 WIB
Antisipasi Fluktuasi Kurs Mata Uang Asing dengan Buka Tabungan Giro Valas
ILUSTRASI. Kontan - J Trust Bank Kilas Online


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Ekspor dan impor berperan penting dalam kegiatan perekonomian negara. Melalui ekspor, negara akan menerima pemasukan berupa devisa. Sementara itu, impor juga diperlukan untuk memperoleh bahan baku yang tidak tersedia di dalam negeri. Pelaku usaha dapat buka tabungan valas untuk mempermudah transaksi internasional dalam ekspor impor.

Pembayaran dalam ekspor impor dapat menggunakan valas atau mata uang asing yang diterima oleh kedua negara yang bertransaksi. Dolar Amerika Serikat atau USD merupakan mata uang asing yang paling banyak digunakan sebagai alat pembayaran transaksi internasional. USD juga kerap dijadikan safe haven untuk melindungi nilai aset, terlebih di tengah kondisi perekonomian global yang tidak menentu.

Baca Juga: Investasi Cara Lump Sum Berlimpah Hoki dengan Promo Deposito Imlek

Saat Rupiah melemah terhadap USD, biasanya harga barang impor juga akan naik. Pebisnis bisa mengalami kerugian dengan kenaikan harga tersebut. Namun, jika pebisnis sudah buka tabungan dan punya simpanan valas, potensi kerugian ini dapat diminimalkan. Dengan adanya simpanan valas, pebisnis dapat mengantisipasi fluktuasi nilai tukar kurs mata uang asing dan tetap bisa membeli barang impor untuk usahanya.

Bagi pelaku usaha, buka tabungan rekening giro valas akan lebih memudahkan kelancaran transaksi ekspor impor. Dibandingkan dengan tabungan biasa, rekening giro dapat memfasilitasi transaksi dalam volume dan nominal yang besar.

Giro valas bebas biaya

Investor yang sedang berencana buka tabungan valas, dapat mempertimbangkan buka tabungan giro valas dari J Trust Bank. Bank di bawah naungan J Trust Group ini sedang menawarkan promo Giro Valas Special Rate dalam mata uang dolar AS (USD).

Umumnya, pembukaan rekening dolar AS mensyaratkan setoran awal minimum USD 100. J Trust Bank menjawab kebutuhan nasabah terhadap simpanan valas yang setoran awalnya sangat terjangkau melalui program Giro Valas Special Rate.

Dalam program ini, nasabah bisa buka tabungan giro valas dengan setoran awal mulai USD 10 dan jumlah setoran selanjutnya bebas. Saldo minimum rekening giro valas ini hanya USD 1 dan bebas biaya administrasi bulanan.

Menariknya lagi, J Trust Bank memberikan suku bunga hingga 2% per tahun untuk program Giro Valas Special Rate. Untuk saldo tabungan USD 10 hingga < USD 50.000, bunganya 1,5% per tahun. Untuk saldo tabungan USD 50.000 hingga

Keunggulan lainnya, nasabah yang mengikuti program Giro Valas Special Rate bisa melakukan transfer ke luar negeri di hari yang sama. Hal ini akan memudahkan nasabah yang memiliki kebutuhan transaksi ke luar negeri.

Namun, kepesertaan program ini hanya berjangka waktu enam bulan sejak nasabah membuka rekening dan periode program berakhir pada 30 Juni 2023. Setelah jatuh tempo, nasabah harus menutup rekeningnya dan saldo bisa dipindahkan ke rekening valas lainnya di J Trust Bank atau dapat ditranser ke bank lain.

Adapun hasil bunga dari simpanan giro valas ini akan dikenakan pajak 20% sesuai dengan ketentuan. Selain itu, ada biaya sebesar USD 1 per bulan jika tabungan tidak aktif atau dormant.

Program promo Giro Valas Special Rate dapat diikuti oleh nasabah baru maupun lama J Trust Bank, baik perorangan ataupun non-perorangan. Dengan berbagai keunggulan mulai dari bebas biaya admin bulanan hingga bunga yang kompetitif, investor dapat meraih cuan optimal melalui buka tabungan giro valas di J Trust Bank.

Untuk informasi lebih lanjut kunjungi www.jtrustbank.co.id, kantor cabang J Trust Bank terdekat, atau hubungi Ask J 1500 615.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×