kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Aneka Tambang (ANTM) masih optimistis menjadi jawara GCG Award tahun ini


Minggu, 25 November 2018 / 17:18 WIB
Aneka Tambang (ANTM) masih optimistis menjadi jawara GCG Award tahun ini
ILUSTRASI. Emas Antam


Reporter: Krisantus de Rosari Binsasi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) adalah pemenang penerapan tata kelola perusahaan alias good corporate governance (GCG) pada tahun lalu.

Sekretaris Perusahaan ANTM Aprilandi H. Setia menyatakan bahwa pihaknya masih optimistis untuk mempertahankan posisi jawara yang didapat tahun lalu. “Alasannya karena hingga saat ini seluruh direksi, dewan komisaris dan seluruh insan ANTM masih terus berkomitmen dalam penerapan GCG dalam aktivitas pekerjaannya,” kata Aprilandi kepada kontan.co.id, Jumat (23/11).

Terkait penerapan pengawasan dan hubungan antara pemimpin dan karyawan-karyawannya, Aprilandi bilang, ANTM memiliki mekanisme pengawasan internal yang dilakukan oleh Divisi Internal Audit yang bekerja secara independen. Sementara mekanisme kontrol lainnya adalah dengan memperhatikan aspek-aspek risiko yang dilakukan oleh Divisi Manajemen Risiko. Upaya mitigasi risiko menjadi tanggung jawab bersama dan pemantauannya dilakukan secara berkala.

“Untuk aspek tata kelola, ANTM senantiasa melakukan pengukuran atas implementasi GCG baik secara self assesment maupun yang dinilai oleh asesor independen berdasarkan parameter GCG yang diadopsi ANTAM yang berlaku di Indonesia maupun di dunia internasional,” tambahnya.

Berkaitan dengan performa kepegawaian, ia menerangkan bahwa ANTM menerapkan Sistem Manajemen Kinerja (SMK) untuk mengukur kinerja dari Divisi yang dinilai setiap triwulan serta sistem manajemen unjuk kerja (SMUK) yang penilaiannya dilakukan setiap semester.

Direktur Utama ANTM Arie Prabowo Ariotedjo turut mengungkapkan bahwa sebenarnya pihaknya telah berkomitmen dalam penerapan GCG sejak Initial Public Offering (IPO) pada tahun 1997.

Komitmen tersebut dilaksanakan oleh Direksi, Dewan Komisaris dan seluruh insan ANTAM dengan tujuan yang sama yaitu tercapainya Visi Misi Perusahaan yang berkelanjutan. Penerapan GCG ANTM mengacu pada praktik terbaik (best practice) yang diakui secara nasional maupun internasional.

Adapun penerapan GCG tersebut berdasarkan pada beberapa hal yaitu yang pertama, parameter GCG BUMN (BUMN Scorecard) berdasarkan SK-16/S-MBU/2012. Kedua, pedoman Tata Kelola Perusahaan Terbuka OJK berdasarkan SEOJK no. 32/SEOJK.04/2015.

Ketiga, ASEAN Corporate Governance Scorecard (ASCG). Keempat, ASX Corporate Governance Principles and Recommendation.

Lebih lanjut Arie bilang, setiap tahun ANTM melakukan penilaian penerapan GCG dengan menggunakan Asesor Independen.

Selain keempat parameter tersebut, ia bilang ANTM juga turut serta dalam pemeringkatan corporate governance perception index (CGPI) yang dilaksanakan oleh lembaga independen Indonesia Institute of Corporate Governance (IICG) dengan meraih Most Trusted Company beberapa kali. “Capaian tersebut merupakan hasil dari komitmen bersama Insan ANTAM dalam penerapan GCG,” ungkap Arie.

Arie juga turut membeberkan soal beberapa nilai ANTM yakni yang pertama, values: PIONEER (Professionalism, Integrity, Global Mentality, Harmony, Excellence and Reputation).

Kedua, leaders attributes: SENSE (Speed, Energize, Respect, Courage). Ketiga, human capital excellence: BEST (Beyond Expectation, Environmental Awareness, Synergized Partnership).

Nilai-nilai tersebut dengan didukung prinsip GCG TARIF yaitu transparency, accountability, responsibility, independency dan fairness atau yang disingkat TARIF. “Ini yang mendasari setiap kebijakan dan pelaksanaan kegiatan operasional ANTM,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×